Find Us On Social Media :

Hands-On ASUS VivoBook Ultra 14 (K413): Ringkas dan Colorful

By Dayu Akbar, Rabu, 30 September 2020 | 16:41 WIB

ASUS VivoBook Ultra 14 (K413) masih menampilkan desain khas laptop kekinian di kelas menengah yang mengutamakan desain modern dengan dimensi ringkas dan tipis serta bobot yang ringan. ASUS menyebutkan bahwa laptop ini bidik generasi Z (gen Z), oleh karena itu pilihan warna yang dihadirkannya memang terlihat menarik dengan pilihan warna transparent silver, indie black, dan hearty gold. Cover-nya menggunakan bahan metal yang lapisan yang agak kesat. Lapisan ini memang masih akan meninggalkan bercak sidik jari ketika dipegang, namun tidak akan sekotor seperti jika menggunakan lapisan glossy. Secara dimensi, laptop ini ringkas dan cukup tipis dengan ketebalan hanya 17,9 cm, bobotnya juga ringan, sekitar 1,4 kg. Dimensinya pas dan cocok buat gen Z yang sering bepergian atau megerjakan tugas di luar rumah.

ASUS menggunakan desain layar menggunakan teknologi yang disebut dengan NanoEdge Display. Maksudnya adalah bezel pada layar memiliki ukuran tipis agar layar terlihat lebih lapang. Namun berbeda dengan seri ZenBook, kami melihat bezel-nya masih terbilang tebal. Screen to body ratio-nya yaitu sekitar 84% dan menurut kami masih bisa lebih luas lagi.Sebenarnya hal ini tidak salah karena seri VivoBook dan ZenBook punya konsep yang berbeda namun penggunaan desain NanoEdge Display yang juga digunakan pada seri ZenBook membuat ekspektasi kami akan ukuran bezel bisa lebih tipis lagi. Layarnya punya ukuran 14 inci, sesuai dengan penamaan serinya, yang memiliki resolusi full HD yaitu 1920 x 1080 pixel.Untuk konektivitasnya, sisi kanan ada dua port USB 2.0 type-A yang cocok digunakan untuk perangkat seperti mouse atau perangkat lain yang tidak membutuhkan kecepatan transfer data tinggi. Disebelahnya ada slot kartu micro SD dan indikator Power serta baterai. Pada sisi kiri, dijumpai port adaptor, HDMI, dan dua konektivitas berkecepatan tinggi yaitu USB 3.2 Gen 1 type-A, USB 3.2 Gen 1 type-C, dan disebelahnya masih ada jack audio 3.5 mm.

Keyboard-nya mengusung desain chiclet dengan layout simpel tanpa area numpad. Tombol-tombolnya sudah menyertakan backlit agar memudahkan ketika mengetik dalam kondisi remang atau gelap. Yang agak unik, tombol Enter dikasih warna berbeda yaitu kuning. Tujuannya hanya untuk lebih menandakan bahwa laptop ini untuk gen Z. Dan untuk tombol Power-nya, ASUS meletakkannya menyatu dalam satu layout dengan tombol keyboard lainnya.

Dalam area touchpad terdapat sensor fingerprint yang terletak di pojok kanan atas. Touchpad-nya sendiri hadir tanpa tombol fisik  berukuran ukuran standar dengan posisi tepat di bawah tombol spacebar.

ASUS VivoBook Ultra 14 (K413) hadir dalam tiga SKU yang dibedakan berdasarkan penggunaan prosesor dan chip grafisnya. Diantaranya dua SKU dengan pilihan Intel Core i7-10510U dan Intel Core i5-10210U yang ditandem dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX350, dan satu SKU yang menggunakan Intel Core i3-10110U dan Intel UHD Graphics.Untuk harganya, SKU Intel Core i7-10510U dengan NVIDIA GeForce MX350 dijual seharga Rp12.799.000. SKU Intel Core i5-10210U dengan NVIDIA GeForce MX350 seharga Rp10.799.000, dan SKU Intel Core i3-10110U dengan Intel UHD Graphics ditawarkan dengan harga paling rendah yaitu Rp8.599.000.