Perusahaan fintech untuk pendidikan, Pintek, meluncurkan kampanye #CintaDariRumah yang mendukung orang tua dalam pemenuhan kebutuhan keluarga.
Kampanye ini dilatarbelakangi oleh situasi saat ini di mana peran orang tua harus kian cerdas dan tanggap dalam mengalokasikan kebutuhan selama pandemi COVID-19, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan anak.
Langkah ini disebut Pintek juga sebagai bagian dari partisipasinya terhadap pendidikan di Indonesia, sekaligus kepedulian Pintek terhadap pengelolaan kebutuhan keluarga pada situasi yang penuh tantangan saat ini.
Melalui Pintek Talkshow #CintaDariRumah “Menjadi Mama Papa Pinters: Cerdas dan Tanggap bagi Kebutuhan Keluarga”, Pintek menggandeng komunitas parenting Momsfluencer dan Smartmumsid, untuk berbagi informasi dalam menyiasati tantangan yang dihadapi orang tua di masa pandemi ini. Sebagai wadah diskusi, bertukar pikiran, dan berbagi informasi, acara ini membahas topik seperti implementasi alokasi keuangan keluarga untuk pemenuhan kebutuhan yang diharapkan dapat menginspirasi orang tua di Indonesia.
“Kondisi yang tak menentu selama pandemi tentu berpengaruh pada banyak hal, terutama pada skala prioritas kebutuhan keluarga yang perlu dicermati dengan bijak. Melalui kampanye #CintaDariRumah, kami ingin mengajak orang tua untuk menjadi Mama Papa Pinters yang tidak hanya cerdas dalam pengasuhan anak, namun juga tanggap mempersiapkan dan menyusun perencanaan keuangan keluarga dengan alokasi pengeluaran yang tepat sesuai prioritas,” ujar Patricia Sanjoto, Vice President Commercial, Pintek.
Patricia menambahkan, Pintek menyadari bahwa kebutuhan pendidikan dapat terus meningkat ke depannya, terutama di masa pandemi yang sangat berdampak pada perekonomian keluarga. "Untuk itu, Pintek turut mendukung Mama Papa Pinters dalam penyediaan program cicilan produktif sebagai pemenuhan education investment anak. Harapannya agar anak dapat terus berkembang dan memaksimalkan potensinya dengan hati yang ringan karena tetap dapat memenuhi kebutuhan lainnya,” tambah Patricia.
Selain tantangan dalam pemenuhan pendidikan anak, orang tua juga perlu memperhatikan kesehatan keluarga. Tidak hanya pemenuhan gizi yang seimbang, pengelolaan emosi menjadi penting untuk kestabilan keluarga agar performa tetap terjaga selama berkegiatan di rumah.
“Ada banyak keluarga yang saya temui semakin cemas dengan ketidakpastian saat pandemi ini. Kekhawatiran akan berbagai hal seperti pemenuhan kebutuhan prioritas dapat memicu kesalahpahaman dalam keluarga, yang akan berpengaruh pada suasana rumah hingga emosi anak. Mencoba saling memahami dan menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan juga perlu diperhatikan sebagai langkah awal pendukung peran orang tua dalam membangun suasana yang kondusif, termasuk memberi pengertian pada anak,” ujar Gita Mechtilde, Pendiri Komunitas Momsfluencer.
Vibrie VB, Pendiri Komunitas SmartMumsID juga menambahkan, “Tidak dapat kita pungkiri bahwa situasi belakangan ini berdampak pada kesehatan fisik hingga mental keluarga. Hal yang bisa langsung diterapkan adalah untuk menjaga imunitas tubuh melalui asupan nutrisi dan lingkungan yang baik. Kita sepakat bahwa kesehatan fisik dapat mempengaruhi emosi diri dengan lebih baik, yang juga mendorong produktivitas orangtua dan anak.”
Rangkaian kampanye #CintaDariRumah berlangsung selama bulan September 2020, dengan penyampaian materi pengasuhan anak melalui Instagram Live di @Pintek_id serta kompetisi foto/video mengenai kebersamaan orang tua dan sang anak. Kampanye ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak orang tua dalam peningkatan pola asuh keluarga hingga perencanaan jangka panjang kebutuhan prioritas khususnya pendidikan bagi anak.