Find Us On Social Media :

Marak Kasus Perangkat Endpoint Dibobol Hacker, Ini Solusi ManageEngine

By Adam Rizal, Kamis, 1 Oktober 2020 | 21:30 WIB

Product Manager ManageEngine IT Management Division - Zoho Corp Ananthakrishnan Vaidyanathan

Serangan virus covid-19 yang mengifeksi warga di dunia turut meningkatkan serangan siber yang menyerang perangkat pengguna. Maklum saja, banyak orang yang beralih menggunakan perangkat mobile untuk bekerja dari rumah dan para siswa untuk belajar dari rumah.

Product Manager ManageEngine IT Management Division - Zoho Corp Ananthakrishnan Vaidyanathan meminta perusahaan dan pengguna untuk mewaspadai setiap serangan siber yang terus meningkat dan berubah. Ada dua kasus serangan siber yang cukup menarik perhatian yaitu zoom boombing dan kebocoran data pengguna.

"Menurut BSSN, ada 88 juta serangan siber di Indonesia dari Januari - April tahun ini. Serangan siber ini meliputi trojan malware, phising, scam dll. Umumnya serangan siber mengincar keamanan end-point meliputi laptop, smartphone dan perangkat pengguna," ujarnya kepada InfoKomputer, Kamis (1/10).

Ananthakrishnan mengakui umumnya pengguna tidak menyertakan sistem keamanan mumpuni pada perangkatnya sehingga mudah diretas hacker. Tentunya itu berbeda dengan perangkat milik enterprise yang sudah memiliki sistem keamanan mumpuni.

"Ini yang membuat perangkat end-user mudah diserang hacker karena buruknya kesadaran mereka," ucapnya.

Solusinya, pengguna harus sadar dengan bahayanya ancaman siber yang sangat merugikannya jika kehilangan data. Untuk perusahaan, harus mengeluarkan investasi untuk meningkatkan keamanan IT-nya.

"Ancaman serangan siber selalu ada bahkan terus meningkat. Pengguna dan perusahaan harus sadar dengan pentingnya keamanan IT dan meningkatkan sistem keamanannya," katanya.

Ananthakrishnan mengatakan serangan pandemi corona menyadarkan orang-orang pentingnya digitalisasi. Fenomena ini membuat banyak perusahaan memindahkan data mereka ke cloud karena jauh lebih aman dan murah.

Sebagai perusahaan keamanan terdepan di dunia, ManageEngine menawarkan solusi keamanan terlengkap dari solusi keamanan end-point, device solution, management solution, privacy secure end-point.

"Solusi kami mampu mengidentifikasi ancaman siber yang menyerang dan memberikan solusi keamanan yang tepat. Kami punya management cyber solution yang akan membantu perusahaan menjaga keamanan semua perangkat end-point dari mobile hingga desktop," ujarnya.

ManageEngine sendiri sudah memiliki pelanggan lebih dari 150. ManageEngine terus berkomitmen meningkatkan pelayanan keamanan pelanggan dengan menghadirkan solusi-solusi keamanan terkini.