Find Us On Social Media :

NTT Ltd. Sukses Tingkatkan Infrastruktur Jaringan Smartfren di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Selasa, 6 Oktober 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi Smartfren

NTT Ltd., hari ini (6/10) mengumumkan penyelesaian proyek konsolidasi jaringan end-to-end (dari ujung-ke-ujung) yang dilakukan untuk Smartfren Telecom (Smartfren).

Infrastruktur jaringan milik perusahaan telekomunikasi yang sudah lawas berusaha keras untuk memenuhi permintaan koneksi dengan latensi sangat rendah dan memerlukan solusi jaringan yang dapat menyesuaikan dengan peningkatan permintaan bandwidth dan peningkatan ‘time-to-market’.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, NTT Ltd. telah melakukan evaluasi secara detil sebelum mengintegrasikan platform dengan software defined network (SDN) yang mengoptimalkan routing dari rangkaian perangkat Cisco ASR 9000 dan F5 Intelligent DNS.

Dengan kapasitas bandwidth terdepan di industri, rangkaian perangkat Cisco ASR 9000 dirancang untuk membantu penyedia layanan agar siap dengan 5G dan dapat mendistribusikan layanan dan aplikasi 5G nantinya.

F5 Intelligent DNS melengkapi skala arsitektur referensi dengan menyediakan dasar DNS yang kuat untuk merespon lebih cepat dan secara tangkas mengatur sesuai permintaan.

Tentunya hal ini mempertimbangkan berbagai kondisi jaringan dan mendistribusikan permintaan untuk aplikasi dan kinerja jaringan yang optimal.

Dari penyediaan hingga pelaksanaan dan integrasi yang dilakukan, NTT Ltd. mengelola keseluruhan siklus dari proyek dan memberikan support setelah implementasi dilakukan.

Pada masa penyelesaian, tim Managed Services kemudian memfasilitasi sebuah transisi dengan lancar untuk mengambil alih pengoperasian dan pemeliharaan sistem.

Dengan implementasi ini, kini Smartfren mendapatkan kapasitas untuk mengukur dan membangun roadmap bisnis jangka panjangnya dalam memenuhi peningkatan permintaan masa depan.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Berbasis AI, Smartfren Gandeng Whale Cloud

Dengan model konsumsi fleksibel yang diterapkan ini, tentu akan membantu Smartfren untuk menurunkan biaya operasional, sekaligus mempercepat kelincahan layanan mereka.

“Dengan semakin populernya video 4K dan permintaan aplikasi 5G ke depannya di antara pelanggan perusahaan, kami menyadari adanya kebutuhan untuk melengkapi kembali infrastruktur jaringan kami dengan solusi yang fleksibel, aman dan hemat biaya agar dapat menyesuaikan peningkatan permintaan yang ada,” kata Puneet Garg, CTO Enterprise, Smartfren Telecom.

NTT Ltd. memahami kebutuhan kami sebagai penyedia layanan TIK bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan telah merekomendasikan solusi terbaik untuk mengatasinya, sambil meletakkan dasar bagi kami untuk terus memberikan konektivitas yang lebih baik kepada pelanggan kami, terutama saat melayani tenaga kerja WFH (bekerja dari rumah),” tambahnya.

Sementara itu, Hendra Lesmana, CEO, NTT Indonesia Solutions, mengungkapkan, “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dengan keahlian yang kami miliki, kami dapat mendorong ketangkasan bisnis dengan jaringan yang cerdas, dan memastikan klien kami siap memanfaatkan peluang masa depan. Kami percaya bahwa hubungan kuat yang kami jalin dengan berbagai vendor teknologi dan pengalaman yang kami miliki dalam mengintegrasikan solusi yang kompleks untuk industri telekomunikasi akan terus membedakan NTT Ltd. sebagai mitra teknologi pilihan.”

Baca Juga: NTT Ltd. Sukses Implementasikan Google G Suite di WOM Finance