Find Us On Social Media :

Intel Core Generasi ke-11 untuk Desktop Meluncur Awal Tahun Depan

By Cakrawala, Kamis, 8 Oktober 2020 | 22:15 WIB

Ilustrasi Intel.

Intel baru saja menyampaikan perihal peluncuran prosesor Core Generasi ke-11 untuk desktop di dunia. Intel merencanakan untuk menghadirkan prosesor Core Generasi ke-11 untuk desktopnya itu pada kuartal pertama tahun 2021. Namun, berbeda dengan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake yang diumumkan beberapa waktu lalu, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Intel Core Generasi ke-11 untuk desktop tersebut memiliki codename Rocket Lake. Oleh karena itu, Intel Core Generasi ke-11 untuk desktop belum tentu menggunakan technology node 10 nm seperti Intel Core Generasi ke-11 untuk mobile. Begitu pula dengan arsitektur CPU yang digunakan; Intel Willow Cove atau bukan. Satu yang sudah dikonfirmasi Intel adalah dukungan PCI Express 4.0. Selain itu, Intel juga mengklaim Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake merupakan prosesor yang luar biasa untuk bermain gim.

Berdasarkan rumor yang banyak beredar di Internet, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake masih menggunakan technology node 14 nm, tetapi sudah memanfaatkan arsitektur baru menyerupai Intel Willow Cove atau Intel Sunny Cove. Jika Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake benar menggunakan arsitektur baru bersangkutan, IPC (instruction per cycle) yang dimilikinya akan lebih tinggi secara signifikan dari Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake yang arsitekturnya berbasiskan Intel Skylake. Intel sebelumnya menyebutkan Intel Sunny Cove menawarkan peningkatan IPC sekitar 18% dibandingkan Intel Ice Lake.

Penggunaan technology node 14 nm sendiri sewajarnya membuat frekuensi kerja alias clock dari Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake dan Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake tidak berbeda banyak. Sejauh ini, prosesor Intel dengan technology node 14 nm mampu menawarkan frekuensi kerja sampai lebih dari 5 GHz. Meski belum tersedia untuk desktop, prosesor Intel dengan technology node 10 nm sampai sekarang belum menawarkan frekuensi kerja yang melebihi 5 GHz. Alhasil, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake yang meluncur awal tahun depan tersebut, seharusnya menawarkan kinerja yang lebih tinggi secara signifikan dari Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake.

Pada kesempatan yang sama, Intel pun menegaskan bahwa bermain gim alias gaming adalah bagian dari DNA-nya. Intel pun menyebutkan bahwa kinerja PC yang digunakan dalam bermain gim sangat dipengaruhi oleh frekuensi kerja dari prosesor. Seperti yang telah disebutkan, Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake menawarkan frekuensi kerja tinggi. Alhasil, Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake dipercaya Intel menawarkan kinerja terbaik untuk bermain gim, setidaknya untuk saat sekarang.