Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Digitalkan Siaran Olahraga dengan Beragam Solusi AI

By Indah PM, Sabtu, 10 Oktober 2020 | 09:00 WIB

Alibaba Cloud kembali menyelenggarakan Apsara Conference

Selama Konferensi Apsara 2020, Alibaba Cloud meluncurkan serangkaian solusi yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Solusi yang ditawarkan oleh 'tulang punggung' teknologi digital dari Alibaba Group ini, sengaja dirancang untuk mendigitalkan acara hiburan olahraga dengan mengubah sistem penyiaran dan penyajian olahraga.

Dari sisi penonton, solusi ini bertujuan untuk mendekatkan penonton ke panggung utama acara guna mendapatkan interaksi yang lebih personal dan interaktif, sekaligus membantu penyelenggara dan penyiar beroperasi dengan lebih efisien, efektif, dan aman.

Sementara itu, dari sisi penyelenggara acara juga akan diuntungkan dengan hadirnya Layanan Simulasi Acara (ESS) dari Alibaba Cloud.

Melalui teknologi cloud dan dukungan dari komputasi elastis, ESS dapat membantu penyelenggara merencanakan tata letak tempat dalam ruangan secara virtual, mengoptimalkan posisi peralatan dan fasilitas, tanpa harus memindahkan atau menugaskan satu perangkat fisik pun.

Dalam hal perencanaan siaran acara, ESS memungkinkan penyiar untuk melakukan simulasi dan menguji posisi kamera yang berbeda sebelum memasang trek kamera, sehingga menawarkan sudut pandang terbaik kepada penonton. 

Alibaba Cloud juga telah mengembangkan Sistem Akses Digital yang menyematkan kontrol akses dan informasi acara penting menggunakan akreditasi digital. Sistem ini memungkinkan akses digital tanpa perlu mencetak tiket kertas, sehingga mengurangi risiko pemalsuan kartu akses.

Dengan akses digital, kartu juga dapat menyimpan informasi penting seperti peta, waktu acara, dan detail kontak penyelenggara yang dapat dikeluarkan dalam hitungan detik dan sesuai permintaan.

Pemegang kartu juga dapat menerima pemberitahuan kedaluwarsa kartu dan pemberitahuan penting lainnya secara real-time. Lebih dari itu, dengan akses digital memungkinkan penyelenggara acara memiliki opsi untuk menerapkan regulasi kesehatan yang ditetapkan selama pandemi Covid-19.

Bagi para penyiar dan jurnalis, Alibaba Cloud juga meluncurkan Konferensi Pers di Cloud untuk memfasilitasi pengarahan media secara virtual menggunakan teknologi streaming langsung.

Solusi tersebut tentunya memperluas jangkauan dan meningkatkan efisiensi bagi jurnalis, menghemat waktu mereka dalam menyusun berita, serta mengefisiensikan kerepotan bepergian ke berbagai fasilitas atau stadion olahraga.

Lebih lanjut, dengan Konferensi Pers di Cloud, wartawan bahkan dapat memilih untuk menghadiri lebih dari satu acara yang berlangsung di lokasi berbeda, pada waktu yang bersamaan.

Solusi lainnya adalah Fan Video Hub yang memungkinkan penggemar olahraga dari seluruh dunia untuk mendukung tim dan atlet favorit mereka secara lebih personal, di mana pun lokasinya. Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, menuturkan bahwa kesehatan dan keselamatan harus menjadi prioritas di semua tempat dan acara.

Selina menambahkan, solusi tersebut membantu penyelenggara acara memenuhi tanggung jawab mereka di pasca-pandemi melalui meminimalisasi keperluan berpergian yang tidak perlu.

"Kami ingin memaksimalkan sensasi pencapaian dalam olahraga, sekaligus memungkinkan penyelenggara acara untuk bekerja dengan aman dan lebih efisien dengan penggemar dan penyiar global,” tutup Selina.