Find Us On Social Media :

Bantu Pemulihan Ekonomi, Blibli Permudah Pendaftaran Mitra Seller

By Indah PM, Senin, 12 Oktober 2020 | 10:30 WIB

Ilustrasi Bisnis Online Makanan

Menurut riset yang dilakukan perusahaan konsultasi bisnis asal India, RedSeer, tren pelanggan online Indonesia di 2020 ini tumbuh secara signifikan.

Riset RedSeer juga menunjukkan bahwa kategori yang bertumbuh kuat termasuk kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, serta produk kesehatan dan perawatan tubuh.

Cindy Kalensang (VP Business Development dan Project Lead Blibli) melalui konferensi pers virtual, mengatakan bahwa pandemi yang saat ini terjadi turut memicu akselerasi adopsi teknologi, termasuk dalam kegiatan belanja online.

“Peningkatan ini juga terlihat dari jumlah pengunjung harian Blibli saat festival belanja di perayaan ulang tahun Blibli bulan Juli lalu, yang meningkat 3 kali lipat bila dibandingkan hari biasanya," tutur Cindy. 

Untuk itulah, Cindy menambahkan, melalui hashtag #AyoBersama, Blibli mengajak seluruh pihak di penghujung tahun ini, agar dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan roda perekonomian Indonesia, salah satunya melalui belanja online.

Menyikapi hal tersebut, Blibli pun berkomitmen untuk memudahkan para calon mitra seller atau penjual yang ingin bergabung di Blibli. "Secara sistem akan dipermudah step-step-nya," tutur Cindy.

Selain itu, agar dapat terus memberdayakan pasar, Blibli juga menjalankan berbagai program untuk membantu para mitra seller melakukan transformasi digital agar dapat terus meningkatkan bisnis mereka selama pandemi ini berlangsung.

Adapun program-program tersebut mencakup fasilitas bebas biaya deposit, komisi 0%, virtual conference bagi para seller, seller training, serta dukungan modal promosi produk hingga Rp2 juta.

Sementara itu, dari sisi pembeli, Blibli juga menjamin orisinalitas barang yang dijual. "Kita pantau dengan bantuan teknologi," ujar Cindy. Caranya yaitu dengan melihat anomali, misal ada masker yang dijual dengan harga tidak wajar maka produk tersebut akan di-suspend dulu lalu diinvestigasi.

Di Blibli, Cindy menjelaskan, pembeli juga bisa mengembalikan barang yang tidak sesuai kapan pun. "Kalau customer tidak suka, bisa return anytime, biaya return ditanggung Blibli. Jadi kami memantau orisinalitas dan kualitas," pungkas Cindy.