Find Us On Social Media :

PGRI dan Microsoft Bekerja Sama Meluncurkan Program Gurulympics 2020

By Rafki Fachrizal, Senin, 12 Oktober 2020 | 22:00 WIB

Ilustrasi Microsoft

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Microsoft beberapa waktu lalu meluncurkan program Gurulympics 2020.

Gurulympics 2020 adalah sebuah program lanjutan dari program TOT (Training of Trainers) yang bertujuan untuk mendorong semangat belajar dan inovasi para guru di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian para guru dan meningkatkan kualitas pendidikan dimulai dari tenaga pengajarnya.

Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan, “Kami membuat teknologi lebih mudah diakses serta meningkatkan keahlian teknologi informasi guna membantu sektor pendidikan bergerak maju pada saat yang penuh perubahan. Kami harap acara ini dapat menjadi akselerator teknologi di bidang pendidikan.”

Lebih lanjut, sebagaimana pandemi COVID-19 telah mendisrupsi berbagai sektor perekonomian dan sosial di tanah air, sektor pendidikan pun tak luput dari disrupsi.

Sejak pengumuman pemerintah tentang status darurat pandemi COVID-19, sekolah-sekolah telah tutup dari kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Terhitung dari 16 Maret 2020 hingga hari ini, lebih dari 200 hari para siswa-siswi Indonesia melakukan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online.

“Selama ini pula, kita telah menyaksikan betapa besar peran teknologi dalam mewujudkan kegiatan pendidikan di masa pandemi,” cetus Haris.

Kembali dijelaskan Haris, TOT merupakan program inisiatif dari Microsoft dan PGRI yang ditujukan untuk pengembangan kompetensi tenaga didik. Inisiatif ini telah dilaksanakan sejak Juni 2020 dan diikuti oleh 6,985 guru.

Hingga saat ini, program TOT telah diikuti oleh lebih dari 100.000 guru mulai dari jenjang TK sampai Perguruan Tinggi dari 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di 13 negara.

“Program Gurulympics dan TOT akan membantu para guru se-Indonesia meningkatkan kreativitas serta menguatkan kolaborasi dengan para siswa. Kami bangga bisa bekerja sama dengan mitra seperti Microsoft untuk memajukan dunia pendidikan nasional dengan akses ke teknologi standar dunia," ujar Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.

Sementara itu, Haris Izmee menambahkan, “Microsoft akan terus aktif menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan bagi para guru di Indonesia karena kami percaya bahwa dengan memberdayakan satu guru dapat memberdayakan semua murid-muridnya.”