Find Us On Social Media :

Tiga Cara Mudah dan Hemat Dukung Anak Belajar di Rumah ala Samsung

By Cakrawala, Selasa, 13 Oktober 2020 | 23:00 WIB

Samsung membagikan tipsnya perihal cara hemat dan mudah mendukung anak belajar dari rumah untuk menjawab kendala pada PJJ (pembelajaran jarak jauh).

Samsung hari ini membagikan tipsnya perihal cara hemat dan mudah mendukung anak belajar dari rumah. Tips ini disampaikan oleh Samsung karena menurut survei berjudul “Kesiapan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19” oleh Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia, beberapa kendala dalam PJJ (pembelajaran jarak jauh) adalah sulitnya peserta didik mendapatkan konsentrasi penuh saat belajar serta adanya anggapan akan tingginya biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk perangkat dan paket data yang memadai.

“Beragam tantangan kerap ditemui oleh orang tua dan anak pada masa PJJ, mulai dari perangkat, kuota, hingga sulitnya mendapatkan konsentrasi/fokus pada masa pembelajaran. Untuk itu, Samsung berkomitmen menghadirkan solusi PJJ yang lebih baik dengan program Semangat Tetap Sekolah. Program ini menawarkan orang tua bundling Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 dengan harga terjangkau, kuota internet eksklusif, serta fitur-fitur unggulan yang dapat menunjang proses pembelajaran yang lebih efisien,” sebut Irfan Rinaldi (Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia).

Adapun tips yang dibagikan oleh Samsung sehubungan kendala dalam PJJ ada sebanyak tiga. Ketiga tips tersebut bisa adalah seperti berikut.

1. Batasi Jumlah dan Jenis Aplikasi pada Saat PJJ Berlangsung

Menurut Kemdikbud, rata-rata siswa tidak bisa memahami pelajaran dalam kondisi kegiatan belajar jarak jauh karena mereka tidak berkonsentrasi secara penuh jika belajar dari rumah. Dengan fitur Focus Mode yang hadir pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11, orang tua dapat membatasi jenis dan jumlah aplikasi yang bisa dioperasikan anak pada saat PJJ berlangsung. Hal ini bisa membantu anak mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dan meminimalisasi distraksi.

2. Kenali dan Pilih Aplikasi Pendukung PJJ yang Tepat dan Efisien

Banyaknya aplikasi pendukung PJJ yang ada, bisa sedikit membingungkan orang tua ataupun anak dalam mengikuti PJJ. Oleh karena itu, sebaiknya memilih aplikasi yang tepat. Banyaknya aplikasi yang dijalankan secara bersamaan juga bisa menurunkan kinerja perangkat yang digunakan. Hadirnya Android GO pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 dengan dukungan aplikasi YouTube GO dan Google GO; membuat kinerja perangkat lebih efisien dan memperlancar proses pembelajaran dengan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih lancar.

3. Pilih Perangkat dan Paket Data untuk PJJ yang Tepat

Stigma yang beredar di masyarakat bahwa perangkat smartphone pendukung PJJ yang memadai akan memakan biaya yang tinggi, sekarang sudah tidak tepat. Pasalnya, Samsung melalui program Semangat Tetap Sekolah menghadirkan Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 berikut dengan paket kuota data internet dari Telkomsel dan Indosat.

Program Samsung Semangat Tetap Sekolah sendiri menawarkan paket bundling Galaxy A01 dan Galaxy A11 dengan kuota data internet dari Telkomsel. Melalui program ini, Samsung Galaxy A01 ditawarkan dengan harga Rp1.249.000, sedangkan Samsung Galaxy A11 dengan harga Rp1.899.000. Keduanya di-bundling dengan kuota data internet 48 GB selama satu tahun, cukup dengan membayar Rp32.000 per bulannya dan bukannya harga normal Rp64.000.

Sementara, untuk Samsung Galaxy A01 Core, ditawarkan dengan harga Rp999.000 untuk varian 1 GB/16 GB dan Rp1.149.000 untuk varian 2 GB/32 GB. Keduanya di-bundling dengan kuota data internet sampai 24 GB dari Indosat Ooredoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang pulsa Rp20.000 setiap bulan. Kuota data internet sampai 24 GB pun tidak akan "memakan" pulsa yang diisikan.