Find Us On Social Media :

Ketahui Cara Meningkatkan Produktivitas di Sektor Pertanian dengan Teknologi di Event IYKRA Ini

By Rafki Fachrizal, Selasa, 13 Oktober 2020 | 14:00 WIB

Ilustrasi Teknologi di Industri Pertanian

Pada tahun 2023, diperkirakan populasi manusia di bumi akan bertambah menjadi sekitar 8 miliar manusia. Ini merupakan tantangan besar bagi sektor pertanian agar bisa memproduksi pangan lebih banyak lagi.

Untuk menjawab tantangan besar itu, implementasi solusi berbasis teknologi terkini merupakan cara yang tepat seperti yang sudah banyak dilakukan oleh sektor-sektor lainnya.

Contohnya yaitu dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dan Cloud Computing, yang nantinya dapat menghasilkan Big Data.

Dengan big data tersebut, seluruh data yang ditangkap dapat dianalisis sehingga nantinya pelaku di sektor pertanian dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas hasil tani.

Seperti misalnya melakukan riset terhadap kualitas tanah dan luas tanah, hingga riset cuaca dan dampaknya pada tumbuhan padi. Tentu semua itu bisa dilakukan dengan data yang valid dan cepat berkat adanya Big Data.

Nah terkait dengan sektor pertanian dan big data, IYKRA sebagai data-business innovator akan menggelar event bertajuk “Circle of Data Leaders - 2nd Edition ‘Nourishing Indonesian Agriculture: Level Up Agriculture Performances with Data Analytics’”.

Circle of Data Leaders merupakan sebuah cara baru untuk untuk memperkenalkan kedaulatan data yang dapat berperan penting di berbagai sektor industri.

Selain itu, Circle of Data Leaders adalah event eksklusif bagi para pemimpin perusahaan dari sektor industri untuk bertemu dengan para ahli dan profesional data.

Dalam event ini bersama para pemimpin industri, IYKRA akan membahas tentang bagaimana analisis data teknologi dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja operasi pada aspek di sektor pertanian.

Mulai dari pengimplementasian teknologi smart farming dengan integrasi perangkat IoT (Internet of Things, pemanfaatan drone, aspek Brainware-Hardware-Software pertanian, analisis sensor untuk produksi Pertanian hingga manajemen sumber daya).

Circle of Data Leaders akan diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom pada Kamis, 15 Oktober 2020 dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Event ini akan diisi dengan sesi talkshow dan keynote yang diisi oleh Prof. Roy Sembel (Professor in Finance dan Advisor IYKRA), Cindyanto Kristian (CEO PT Sewu Segar Nusantara atau Sunpride), Irendra Radjawali (Drone Academy dan Innovator 4.0), Irfan Wahid (Komisaris PT Angkasa Pura I dan Pengusaha Aquagriculture), Yoga Anindito (CEO HASANA), Alika D.V. Tuwo (World Food Programme), Fajar Sidik Abdullah Kelana (Founder of MINO dan BANOO), Yudhi Rahadian (Co-Founder of Techbros GmbH), M. Hadi Sugeng Wahyudiono (Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk) dan Raudhoh Fitra Humamy (Data Tech Specialist IYKRA).

Acara ini eksklusif (invitation only) diperuntukkan untuk kalangan professional yang bekerja di industri pertanian, perikanan atau perkebunan yang tertarik mempelajari dan ingin mendalami aplikasi Data Analytics dalam pengoperasian pada agriculture industry.

Webinar Ekskusif ini nantinya juga akan diikuti oleh Fajar Jaman (CEO IYKRA), Endiyan Rakhmanda (COO IYKRA) dan Nabil Fadjri (CBDO IYKRA).

Bagi Anda yang berminat untuk menghadiri event ini, untuk pendaftarannya bisa mengklik tautan berikut: bit.ly/cdlagriculture.