Find Us On Social Media :

Perbarui Platform, Akamai Bantu Pelanggan Raih Peluang Ekonomi Digital

By Liana Threestayanti, Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:15 WIB

Ilustrasi Akamai

Akamai Technologies, Inc.,mengumumkan sejumlah pembaruan di jajaran produk edge computing, media delivery, dan keamanan. 

Asia menjadi kawasan yang membentuk masa depan inovasi digital global melalui peran utamanya dalam mengembangkan dan menyebarkan teknologi baru, mulai dari e-commerce dan mobile payment hingga robotika dan smart city. Peningkatan pada portofolio produknya ini diharapkan Akamai dapat memberdayakan para mitranya dalam mengakselerasi transformasi digital dan mendorong ekosistem inovasi di Asia. 

“Akamai terus merilis inovasi yang membukakan jalan bagi para pelanggan yang tengah bertransformasi digital,” jelas Parimal Pandya, Managing Director, APJ, Akamai. Menurut Pandya, Akamai yakin, dengan memperkuat portofolio produknya, pelanggan dapat meraih peluang ekonomi digital dengan cara-cara yang produktif, efisien, dan aman. 

Apa saja pembaruan/peningkatan yang disajikan Akamai untuk para mitra dan pelanggannya?

1.Edge computing

Akamai dikenal sebagai penyedia platform jaringan terdistribusi terbesar, di mana par pengembang dapat menciptakan dan memodifikasi pengalaman digital baru. Kapabilitas baru Akamai Intelligent Edge kini memungkinkan para pengembang menulis kode untuk content yang dinamis di edge. Kemampuan baru ini menjanjikan lebih banyak inovasi bisa dibuat pelanggan, namun dengan lebih sedikit upaya dan kinerja yang lebih baik, serta delivery pengalaman digital yang lebih cepat melalui jaringan global Akamai.  

Akamai juga menambahkan fitur reporting EdgeWorkers untuk resource consumption dan performance pada Akamai Control Center dan datanya bisa dipanggil melalui API call. Selain menyediakan visibilitas kinerja aplikasi bagi pengembang,  EdgeWorkers juga memungkinkan developer mengelola CDN sebagai kode. 

2.Media delivery

Membantu pelanggan dari industri media menghadapi tantangan internet traffic dan content streaming, Akamai meningkatkan kemampuan platformnya dengan menambahkan sejumlah kapabilitas baru, di antaranya developer API untuk mengelola live video workflows; peningkatan pada Cloud Wrapper untuk memaksimalkan offload pada arsitektur multi-cloud, multi-CDN; dukungan untuk  Low-Latency HLS dengan end-to-end latency yang lebih baik dan backward compatibility pada ekosistem Apple video player; dan Access Revocation yang lebih baik dalam menghentikan video stream tanpa ijin. 

3.Keamanan aplikasi 

Dengan Akamai Platform Update ini, Akamai menyediakan automatic discovery terus menerus dan visibilitas terhadap and API endpoint dan traffic profile-nya. Kemampuan ini membantu tim development, security, dan operations dari sisi penyajian wawasan baru serta mekanisme yang lebih sederhana untuk mendaftarkan dan melindungi API dari serangan DDoS, injeksi, credential stuffing, dan lain-lain, hanya dengan satu klik. 

4.Cloud secure web gateway

Dengan cloud secure web gateway di edge, perusahaan dapat mengakselerasi transisi untuk beralih ke arsitektur keamanan baru yang berbasis prinsip Zero Trust dan secure access service edge (SASE).