Find Us On Social Media :

BRI Salurkan Pembiayaan Rp30 Miliar untuk UMKM Lewat Modal Rakyat

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 Oktober 2020 | 12:45 WIB

Penandatanganan Kerja Sama BRI dan Modal Rakyat

Bank Rakyat Indonesia (BRI) resmi mengumumkan kerja samanya dengan salah startup fintech (financial technology) di tanah air, yakni Modal Rakyat.

Lewat kerja sama ini, BRI akan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp30 miliar ke para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lewat platform Modal Rakyat.

Bentuk kerja sama ini tentu menjadi salah satu wujud kolaborasi antara perbankan dengan industri teknologi finansial, khususnya peer-to-peer (p2p) lending.

“Kami sangatlah beruntung bisa mendapat kepercayaan dari BRI sebagai bank ternama di Indonesia. Kami berharap kerja sama ini bisa mengakselerasi inklusi keuangan, terutama mendukung para pelaku UMKM dalam menghadapi situasi pandemi,” ungkap Stanislaus MC Tandelilin, Co-founder Modal Rakyat.

Modal Rakyat merupakan salah satu startup fintech di bidang p2p lending yang terdaftar di OJK sejak Juni 2018, dan telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp550 miliar ke lebih dari 4.000 peminjam yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Saat ini, jumlah total pendana yang terdaftar di Modal Rakyat sebanyak lebih dari 45.000 pendana.

Baca Juga: Layanan Adira Insurance Kini Tersedia di Platform Fintech Modal Rakyat

Kerja sama dengan BRI akan memperkuat pembiayaan untuk UMKM yang mengajukan pinjaman di Modal Rakyat.

Adapun penyaluran akan difokuskan bagi sektor usaha kecil dan menengah dengan nilai penyaluran rata-rata Rp250 juta.

BRI dan Modal Rakyat berharap kerjasama ini menjadi salah satu bentuk gotong-royong untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Stanislaus kembali mengungkapkan bahwa ke depannya sinergi masih diperlukan, tidak hanya dari sektor perbankan dan industri teknologi finansial, tetapi dari semua instansi, lembaga, dan masyarakat dapat terlibat aktif untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

“Tidak hanya kolaborasi dan kerja sama antar industri, melainkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung perkembangan UMKM juga masih sangat diperlukan,” jelas Stanislaus.

Baca Juga: Modal Rakyat Gandeng Huawei Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Pendana