Find Us On Social Media :

Good Doctor dan AXA Luncurkan Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA

By Cakrawala, Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:30 WIB

Good Doctor Technology Indonesia dan AXA Financial Indonesia mengumukan peluncuran program “Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA”.

Good Doctor Technology Indonesia dan AXA Financial Indonesia hari ini mengumukan peluncuran program “Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA”. Program yang besifat gratis untuk pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia. Kesehatan mental di Indonesia sendiri dinilai kian penting dalam situasi wabah COVID-19 yang masih berlangsung. Melalui Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA, pemegang polis asuransi bersangkutan bisa berkonsultasi secara jarak jauh alias daring dengan tenaga kesehagan yang sesuai dari Good Doctor Technology Indonesia. Peluncuran itu juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

“Perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental, hal ini terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di aplikasi kami yang meningkat 7 kali lipat dibandingkan bulan April atau awal pandemi. Kami percaya bahwa dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone. Melalui kemitraan strategis kami dengan penyedia asuransi AXA Financial Indonesia, layanan telemedis Good Doctor dalam GrabHealth bisa menjadi 'ruang yang aman' bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental, karena layanan konsultasi kami tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat,” ujar Danu Wicaksana (Managing Director Good Doctor Technology Indonesia).

“Melihat adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya untuk terus mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, perusahaan telekonsultasi terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, yang didapat melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” sebut Niharika Yadav (Presiden Direktur AXA Financial Indonesia).

Berdasarkan survei swa periksa (self check) psikologis yang dilakukan PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia) dan diikuti oleh 4.010 responden dari seluruh Indonesia; 65% responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan terkait wabah COVID-19. PDSKJI juga menyebut bahwa orang yang melakukan konsultasi kesehatan mental kerap mendapat stigma negatif, yang menyebabkan mereka tidak nyaman untuk memeriksa kesehatan mental mereka.

Tak hanya itu, jumlah tenaga psikolog di Indonesia pun masih terbatas. menurut IPK (Ikatan Psikolog Klinis Indonesia), jumlah psikolog klinis di Indonesia saat ini hanya sebanyak 2.782 orang, yang berarti hanya terdapat 1 psikolog untuk 90.000 orang di Indonesia. Standar WHO (World Health Organization) sendiri adalah 1 psikolog untuk 30.000 orang.

Teknologi digtal seperti yang hadir melalui layanan telemedis Good Doctor, tentunya bisa membantu mengatasi permasalahan yang telah disebutkan. Adapun pada kerja sama Good Doctor Technology Indonesia dan AXA Financial Indonesia, Good Doctor Technology Indonesia akan menjawab pertanyaan kesehatan mental dari para pengguna asuransi AXA Financial Indonesia. Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA mencakup konsultasi tanpa batas dengan dokter umum dan tiga kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu tiga bulan tanpa biaya atau gratis.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna asuransi AXA Financial Indonesia bisa melakukanya melalui aplikasi Grab dengan mengklik fitur [Kesehatan] atau [Health], yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor. Sebelum melakukan konsultasi, pemegang polis AXA Financial Indonesia perlu melakukan validasi akun terlebih dahulu di layanan Good Doctor.