Find Us On Social Media :

Cisco Hadirkan Dua Solusi Sensor IoT untuk Pantau Aset IT dan OT

By Liana Threestayanti, Jumat, 16 Oktober 2020 | 12:00 WIB

Cisco mengumumkan dua solusi sensor dengan pengelolaan di cloud untuk menyederhanakan monitoring aset dan fasilitas TI maupun OT.

Cisco baru-baru ini mengumumkan kehadiran dua solusi sensor dengan pengelolaan di cloud untuk menyederhanakan monitoring aset dan fasilitas, baik untuk kebutuhan TI maupun OT.

Salah satu tantangan yang dihadapi bisnis di masa kini adalah melayani karyawan yang bekerja di lingkungan kantor maupun bekerja jarak jauh. Penting bagi bisnis untuk memperoleh actionable data dari ruang-ruang kantor dan asetnya agar dapat mengelola kinerja dan pemeliharaan peralatan jaringan dengan lebih baik.

Remote monitoring dengan memanfaatkan sensor IoT akan memberikan keuntungan berupa peningkatan efisiensi. Termasuk juga menjaga keamanan karyawan dengan menghindari kunjungan-kunjungan yang tidak perlu, memeriksa peralatan, mengurangi risiko gangguan dan downtime jaringan, dan mengurangi biaya kerusakan perangkat sebelum waktunya.

Cisco memperkenalkan dua solusi IoT, yang tidak saja mudah dipasang tapi juga menawarkan keamanan dan skalabilitas yang lebih baik. 

“Visibilitas dan pengoperasian jarak jauh tidak hanya penting untuk efisiensi tapi juga demi pengelolaan lingkungan industri yang lebih efektif pasca COVID,"  komentar Kevin Prouty, Group Vice President for IDC Energy and Manufacturing Insights. 

Menurut Kevin, solusi remote monitoring yang bisa di-deploy dengan cepat dan mudah di seluruh bagian perusahaan, mulai dari lingkungan TI hingga OT, dapat memberikan business value yang jelas. "Solusi baru Cisco Industrial Asset Vision dan Cisco Meraki MT akan menyederhanakan deployment dan mewujudkan kesatuan data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Perusahaan di sektor industri perlu mengelola data-datanya yang terpisah-pisah dan mengamankannya sejak dari endpoint hingga menjadi insight," jelas Kevin Prouty, seperti dikutip dari Cisco Newsroom.  

Pengguna sensor ini datang dari beragam sektor, seperti utiliti, migas, pendidikan, layanan kesehatan, manufaktur, dan retail. Selain meningkatkan operasi bisnis sehari-hari, implementasi solusi sensor IoT ini juga membantu bisnis melakukan mitigasi ketika terjadi gangguan dan menekan downtime yang memakan banyak biaya. 

Salah satu pelanggan dari sektor pendidikan mengatakan, dengan memasang Cisco Meraki, mereka dapat menjaga fungsi sistem dan mendukung operasional sekolah. Contohnya, setelah menggunakan sensor, mereka memiliki data untuk mencegah insiden seperti matinya AC yang bisa memengaruhi 20.000 siswa dan staf di sekolah tersebut.