Find Us On Social Media :

Xiaomi Indonesia Minta Pemerintah Tingkatkan Kapasitas Mesin CEIR

By Adam Rizal, Sabtu, 17 Oktober 2020 | 11:30 WIB

Bos Pocophone Alvin Tse Resmi Jabat Country Director Xiaomi Indonesia

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, meminta pemerintah menambah kapasitas mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR) supaya ponsel-ponsel baru yang dijual di Indonesia tak diblokir karena IMEI-nya (International Mobile Equipment Identity) tak bisa didaftarkan.

"Saat ini kami menantikan pemerintah menambah kapasitas CEIR," kata Alvin dalam jumpa pers online jelang peluncuran Poco X3 NFC.

Meski demikian Alvin menjamin bahwa ponsel-ponsel barunya di Indonesia tidak akan terpengaruh oleh masalah CEIR yang kini sedang menghantui industri ponsel Indonesia.

Alvin memastikan bahwa smartphone-smartphone terbaru Xiaomi di Indonesia, termasuk Poco X3 NFC, tidak akan diblokir di Indonesia karena masalah CEIR dan IMEI.

Ia mengingatkan bahwa yang berisiko mengalami masalah saat ini adalah layanan purna jual karena kebanyakan komponen yang digunakan dalam layanan purna jual belum didaftarkan ke pemerintah.

Sebelumnya, kapasitas mesin CEIR telah hampir penuh sejak akhir September kemarin. Akibatnya beberapa smartphone terbaru di Indonesia sempat tidak bisa digunakan karena belum terdaftar di sistem milik pemerintah tersebut.

CEIR merupakan sebuah perangkat yang dioperasikan pemerintah untuk menampung data HP yang dijual secara resmi di Indonesia. Mesin ini punya peran kunci sejak aturan blokir smartphone ilegal berbasis IMEI berlaku pada 15 September.

Semua data smartphone yang dijual secara legal di Indonesia termasuk IMEI dan Tanda Pendaftaran Produk, akan dimasukan ke mesin CEIR.

Jika sebuah smartphonetidak terdaftar, maka semua operator seluler akan secara otomatis memblokirnya sehingga tak bisa digunakan.

Pada awal pekan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) - salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam blokir HP berbasis IMEI bersama Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan - mengatakan bahwa mesin CEIR berfungsi normal dan kapasitasnya masih cukup. Tetapi klaim pemerintah ini diragukan oleh beberapa produsen ponsel di Indonesia.