Find Us On Social Media :

CDT dan Entrust Sediakan Solusi Akses Tanpa Password dan Sentuhan

By Liana Threestayanti, Selasa, 20 Oktober 2020 | 14:30 WIB

Ilustrasi solusi akses tanpa password dan sentuhan dari PT CDT dan Entrust.

Bersama Entrust, PT Central Data Technology (CDT) menyediakan solusi Passwordless dan Autentikasi Touchless untuk membantu perusahaan menjaga keamanan sekaligus memenuhi protokol kesehatan di tempat kerja saat ini.

Di tengah pandemi Covid-19, teknologi yang aman menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk menjaga produktivitas karyawan dan kelangsungan bisnis. Dengan begitu banyak karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau di rumah (WFH), jumlah risiko pencurian identitas, peretasan kata sandi, dan kehilangan kredensial juga turut mengalami peningkatan. 

Menurut Lembaga Riset Siber Indonesia (CISSReC), 70% warga yang disurvei di sembilan kota besar di Indonesia masih tidak mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perlindungan kata sandi yang sangat kritis dibutuhkan dalam pembuatan identitas digital. Banyak orang menggunakan sandi yang sama untuk beberapa akun kerja dan pribadi, dan rentan terhadap serangan phishing yang bertujuan mencuri kredensial.

"Kita bisa melihat bahwa penggunaan kata sandi tidak cukup untuk keamanan identitas digital. Para pemimpin IT perlu mencari solusi autentikasi Passwordless dan Touchless untuk keamanan yang lebih tinggi, dan untuk mematuhi protokol kesehatan yang mengharuskan perusahaan meminimalkan obyek yang menyentuh di ruang umum. Dengan portofolio dari Entrust Identity, kami bisa menyediakan solusi terpercaya yang menghilangkan penggunaan password dan mengaktifkan akses touchless. Hal ini sejalan dengan semangat CDT untuk memajukan solusi IoT, AI, dan Digital Platform untuk bisnis di Indonesia,” ujar Lugas Satrio, Presiden Direktur CDT.

"Portofolio Entrust Identity menggunakan kredensial berbasis sertifikat dan teknologi seluler untuk mengaktifkan akses tanpa kata sandi, menghilangkan risiko penggunaan ulang kata sandi dan peretasan kata sandi yang tidak aman. Dan sesuai protokol kesehatan,autentikasi tanpa sentuhan memberikan karyawan akses tanpa hambatan ke gedung dan sistem," jelas Claus Hansen, Wakil Presiden, Solusi Perusahaan, Asia Pasifik & Jepang, Entrust.

Begini cara kerja dari solusi Passwordless dan Touchless solusi terbaru ini:

• Pengguna meng-install kartu ID Virtual pada perangkat selulernya.

• Pengguna kemudian bisa mendaftar sendiri dengan menggunakan alat onboarding otomatis.

• Perangkat seluler pengguna kemudian dipasangkan (pairing) dengan komputer yang digunakan. 

• Pengguna memasukkan PIN pada perangkat atau komputer untuk membuka dan mengakses identitasnya sendiri menggunakan biometrik, seperti sidik jari dan pengenalan wajah

• Setelah pengguna diautentikasi, konektivitas Bluetooth perangkatnya akan masuk ke komputer Mac atau PC tanpa sandi dan melakukan sistem masuk tunggal (Single SignOn) ke aplikasi cloud kemudian mereka sudah bisa mengaksesnya. 

• Ketika pengguna terdeteksi tidak berada dalam jangkauan tempat kerja maka perangkat selulernya akan secara otomatis di-logout.

• Pengaturan jangkauan ini dapat dikonfigurasi dan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Solusi Passwordless dan Autentikasi Touchless dari Entrust tersedia sebagai solusi cloud atau di lokasi. CDT menyediakan konsultasi ahli dan layanan implementasi untuk perusahaan yang ingin mengadopsi solusi ini.