Find Us On Social Media :

Investree dan eFishery Distribusikan Pembiayaan untuk Pembudidaya Ikan

By Cakrawala, Rabu, 21 Oktober 2020 | 22:30 WIB

Investree bekerja sama dengan eFishery untuk mendistribusikan pembiayaan bagi pembudidaya ikan di Indonesia.

Investree hari ini mengumumkan kerja samanya dengan eFishery untuk mendistribusikan pembiayaan bagi pembudidaya ikan di Indonesia. eFishery merupakan startup atau perusahaan rintisan agritech (agriculture technology). Pada tahap awal, pembiayaan yang didistribusikan berkat kerja sama Investree dengan eFishery itu memanfaatkan fitur dari eFishery yang disebut eFisheryFund. Pembiayaan tersebut diharapkan mampu membantu pembudidaya ikan di tanah air karena memungkinkan mereka untuk membeli produk eFishery, seperti auto-feeder dan pakan ikan, secara menyicil.

“Kami sangat antusias menyambut kolaborasi ini karena ini merupakan sesuatu yang baru bagi kami. Mengingat portofolio pinjaman terbesar Investree selama ini adalah industri kreatif, dengan bermitra dengan eFishery terutama eFisheryFund, kami berharap dapat memberdayakan lebih banyak UKM yang bergerak di bidang perikanan atau akuakultur. Ini juga menjadi salah satu bentuk inovasi Investree yang kami luncurkan memasuki usia perjalanan ke-5 dengan kampanye payung GrowFa5ter. Kami ingin menumbuhkan UKM secara lebih cepat dan berkualitas,” ujar Adrian Gunadi (Co-Founder & CEO Investree).

“Pembudidaya seringkali menghadapi kesulitan dalam memperoleh akses pembiayaan karena kebanyakan lembaga keuangan enggan memberikan pinjaman untuk pekerja sektor nonformal seperti pembudidaya ikan. Di sinilah eFisheryFund hadir, menghubungkan pembudidaya secara langsung dengan institusi keuangan agar mereka bisa berkembang dari sisi finansial. Kerja sama dengan Investree ini diharapkan mampu menggandakan dampak yang kami berikan kepada pembudidaya,” jelas Gibran Huzaifah (CEO & Co-Founder eFishery).

eFisheryFund sendiri merupakan suatu platform digital dengan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh eFishery, bekerja sama dengan layanan finansial seperti halnya Investree. eFisheryFund ditujukan secara khusus untuk pembudidaya ikan. Adapun salah satu fasilitas pada  eFisheryFund adalah Kabayan (Kasih Bayar Nanti). Pada fase pertama kerja sama Investree dan eFishery, Investree akan mendukung Kabayan ini.

Terdapat pembiayaan sebesar Rp30 miliar yang akan disalurkan oleh eFishery berkat kerja sama Investree dan eFishery. Namun, tidak disebutkan secara spesifik seberapa besar yang akan disalurkan pada fase pertama.

Pembiayaan yang ditawarkan melalui kerja sama Investree dan eFishery tersebut akan disalurkan kepada para mitra eFishery seperti pembudidaya ikan, agen ikan, dan konsumen B2B (business to business). Pembudidaya yang ingin mendapatkan pembiayaan bisa mengajukan pinjaman melalui platform digital eFisheryFund. Selanjutnya, tim eFishery akan menilai dan menentukan apakah mereka memenuhi syarat dan kriteria untuk memperoleh pembiayaan. Hasil penilaian ini kemudian diajukan kepada Investree untuk kembali diverifikasi sesuai sistem credit scoring Investree.

Investree pun menyebutkan bahwa Investree dan eFishery menerapkan uji kelayakan dan sistem credit scoring yang ketat dan kuat. Mereka melihat data dari perangkat IoT eFishery serta melakukan pengecekan silang terhadap data sesungguhnya di lapangan.

Bila yang mengajukan dinyatakan lolos proses verifikasi, Investree akan menyalurkan pembiayaan yang didistribusikan dalam aneka produk eFishery. Terdapat dua skema pembiayaan yaitu konvensional dan syariah. Sampai saat ini sudah terdapat lebih dari 500 pembudidaya pada eFishery yang didukung oleh eFisheryFund.