Find Us On Social Media :

Platform AIoT i350 MediaTek Mungkinkan Pemrosesan Suara & Gambar di Edge

By Liana Threestayanti, Kamis, 22 Oktober 2020 | 18:00 WIB

Platform AIoT i350 dari MediaTek

MediaTek mengumumkan kehadiran i350, platform Edge AI terintegrasi, dilengkapi APU (prosesor AI) khusus dan digital signal processor (DSP). Platform ini ditujukan untuk produk-produk AIoT yang membutuhkan pemrosesan gambar dan suara di edge. 

Platform i350 memungkinkan pemrosesan Edge AI aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kemampuan, seperti pengenalan wajah, obyek, gerak-isyarat dan gerakan, pengenalan pelat nomor kendaraan (LPR – license plate recognition), aktivasi suara dan pengenalan suara, isolasi suara, serta pengukuran bioteknologi dan biometrik.

“Dengan meningkatnya popularitas aplikasi AIoT gambar dan suara, banyak perusahaan mencari solusi-solusi yang sangat terintegrasi seperti i350 yang mempercepat waktu pengembangan dan mendukung berbagai solusi multimedia dan konektivitas,” kata Henry Yeh, AGM unit bisnis AIoT, MediaTek. Henry menjelaskan bahwa platform i350 melakukan pemrosesan Edge AI yang canggih dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk untuk berbagai aplikasi, seperti aplikasi rumah cerdas, komersil dan aplikasi industri.

Platform Edge AI i350 dibangun dengan proses 14nm yang irit daya, dan memiliki APU dan DSP untuk pemrosesan Edge AI yang kuat dan irit daya. MediaTek menyebut i350 sebagai platform yang ideal untuk peralatan cerdas, akses cerdas, mesin penjual otomatis, kios dan sistem penjualan di ritel dan komersil, dan juga berbagai lingkungan industrial dan medis, terutama berkat dukungannya untuk layar definisi tinggi dengan antarmuka sentuh dan aplikasi.

MediaTek i350 mengintegrasikan sebuah CPU Arm Cortex-53 quad-core 2GHz dan GPU kinerja tinggi Arm Mali G52. i350 mendukung kamera definisi tinggi hingga 13MP, dan juga mendukung encoding cepat video dengan HEVC di Full HD @ 60fps untuk aplikasi-aplikasi generasi berikut yang membutuhkan kemampuan pengambilan gambar dan video yang detil dan andal. Dukungan untuk API umum, seperti OpenGL ES, OpenCL dan Vulkan, akan memudahkan perusahaan untuk mengembangkan berbagai aplikasi inovatif untuk perangkat-perangkat yang menggunakan i350.

i350 mendukung Wi-Fi 5, Bluetooth 5, GNSS dan radio FM untuk berbagai opsi konektivitas. Platform ini juga mendukung berbagai rangkaian opsi memori dan flash guna membantu OEM mengurangi biaya bahan dan memenuhi kebutuhan kinerja.

Chipset i350 diharapkan akan mendorong para mitra di ekosistem AIoT dalam mengembangkan berbagai aplikasi inovatif yang memanfaatkan kemampuan-kemampuan AI dari platform ini.