Find Us On Social Media :

Grab Umumkan Tiga Solusi Baru bagi UMKM agar Bisa Terus Berusaha

By Cakrawala, Jumat, 23 Oktober 2020 | 21:15 WIB

Grab mengumumkan tiga solusi barunya untuk UMKM di Indonesia agar para UMKM itu bisa terus berusaha di tengah wabah COVID-19 yang masih melanda. Salah satunya Bazar #TerusUsaha.

Grab hari ini mengumumkan tiga solusi barunya untuk UMKM di Indonesia agar para UMKM itu bisa terus berusaha di tengah wabah COVID-19 yang masih melanda. Grab pun menegaskan bahwa sebelum ketiga solusi baru ini, Grab juga sebelumnya sudah memperkenalkan lebih dari empat puluh solusi yang bisa membantu UMKM bertahan pada masa pandemi COVID-19. Grab pun menyebutkan bahwa sampai saat sekarang, Grab telah menyambut lebih dari 350.000 UMKM baru dalam aplikasinya di Indnonesia.

“Sejak pandemi datang, Grab terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM bisa beradaptasi agar ketahanan ekonomi juga dapat terjaga, melalui program #TerusUsaha. Sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, Grab telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi yang bekerja sama dengan 30 pemerintah pusat dan daerah yang mendapat respon positif dari berbagai pihak. Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” ucap Neneng Goenadi (Country Managing Director Grab Indonesia).

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dan terus dilakukan oleh Grab Indonesia, dengan komitmennya dalam mendukung percepatan transformasi digital para UMKM. Dukungan bagi UMKM agar dapat bertahan dan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan secara berkesinambungan. Peran berbagai pihak termasuk pihak swasta sangatlah dibutuhkan guna memberikan platform yang dapat dimanfaatkan oleh jutaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia agar kita bisa memastikan keberlangsungan bisnis mereka yang tentunya berimplikasi terhadap perputaran ekonomi Indonesia. Kami harap Grab bisa menjadi batu loncatan bagi pelaku UMKM agar lebih cepat dikenal orang dan bisnis mereka bisa naik kelas dalam era ekonomi digital,” ujar Teten Masduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia).

Adapun ketiga solusi baru Grab untuk UMKM di Indonesia itu adalah Bazar #TerusUsaha, pembuatan iklan mandiri untuk mitra merchant GrabFood, serta komunitas dan kelas khusus UMKM. Bazar #TerusUsaha akan menghadirkan promosi khusus terhadap produk-produk dari 52.000 mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 14 kota di tanah air. Menggunakan kode promosi “TERUSUSAHA” konsumen pengguna Grab bisa menikmati potongan harga pada mitra UMKM yang berpartisipasi seperti GrabFood sampai 50%, GrabMart 20%, dan potongan harga pengiriman sampai 90% untuk GrabExpress. Bazar #TerusUsaha akan berlangsung dari 26 sampai 28 Oktober 2020. Daftar UMKM dalam aplikasi Grab konsumen yang menjadi pengguna akan disesuaikan berdasarkan lokasi sang konsumen.

Solusi pembuatan iklan mandiri untuk mitra merchant GrabFood hadir melalui GrabAds Ad Manager. Dengan GrabAds Ad Manager, mitra yang menjadi merchant GrabFood dapat dengan mudah mengelola iklan untuk ditampilkan pada aplikasi Grab. Grab mengklaim bahwa hanya dalam tiga menit hal tersebut sudah bisa dilakukan. Terdapat tiga langkah mudah untuk melakukannya: memilih tipe iklan, memilih target pengguna, serta mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan. Biayanya pun terjangkau, mulai dari Rp57.000 atau US$3 per hari.

Sementara, komunitas dan kelas khusus UMKM bertujuan agar UMKM bisa beroleh ilmu tambahan dari para pakar sekaligus bertukar pikiran, seperti melalui pelatihan, seminar, dan tips. Adapun kanal yang digunakan adalah Klub Juragan GrabExpress, akun Instagram @GrabMerchantID, serta akun Instagram dan YouTube Grab Indonesia.