Find Us On Social Media :

Western Digital Perluas Lini WD_Black untuk Bantu Gamer Beradaptasi

By Cakrawala, Senin, 26 Oktober 2020 | 22:00 WIB

Western Digital mengumumkan perluasan terhadap lini WD_BLACK-nya untuk membantu para gamer atau pemain gim di Indonesia beradaptasi, yakni WD_BLACK SN850 NVMe SSD (kiri bawah), WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card (tengah atas), dan WD_BLACK D50 Game Dock NVMe SSD.

Western Digital hari ini mengumumkan perluasan terhadap lini WD_BLACK-nya untuk membantu para gamer atau pemain gim di Indonesia beradaptasi. Western Digital meyakini lanskap gim senantiasa berevolusi sehingga pemain gim perlu untuk melengkapi dirinya dengan perkakas terbaik agar tidak ketinggalan. Perluasan portofolio WD_BLACK dengan tiga produk SSD yang akan hadir itu diklaim membantu pemain gim dalam melengkapi dirinya dengan media simpan terbaik sesuai kebutuhannya. Pasalnya, meskipun menggunakan antarmuka yang berbeda, ketiga produk WD_BLACK terbaru bersangkutan menawarkan kinerja yang tinggi.

"Saat pengembang gim berupaya membuat seri gim yang imersif dan menuntut kinerja lebih tinggi, konsumen perlu melengkapi diri dengan perangkat terbaik untuk dapat tetap mengikuti perkembangan," ujar Jim Welsh (Senior Vice president, Consumer Solutions, Western Digital). “Solusi penyimpanan berkinerja tinggi yang inovatif sangat penting untuk mengikuti lanskap yang selalu berubah seiring waktu. Lini produk WD_BLACK terbaru dirancang khusus untuk memungkinkan para gamer memenuhi standar yang semakin tinggi dari gim dan platform gim di masa depan. Kami telah mengoptimalkan produk ini tidak hanya untuk menghadirkan penyimpanan yang lebih besar bagi para gamer tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman bermain gim secara keseluruhan,” tambahnya.

Adapun ketiga produk WD_BLACK terbaru yang akan tersedia tersebut adalah WD_BLACK SN850 NVMe SSD, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card, dan WD_BLACK D50 Game Dock NVMe SSD. Western Digital menargetkan WD_BLACK SN850 NVMe SSD dan WD_BLACK D50 Game Dock NVMe tersedia mulai Desember 2020, setidaknya untuk kapasitas tertentu. Sementara, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card, Western Digital menyebutkan sudah bisa di-pre-order untuk kapasitas tertentu.

WD_BLACK SN850 NVMe SSD

WD_BLACK SN850 NVMe SSD bisa dibilang adalah varian tertinggi dari ketiga WD_BLACK yang diumumkan. Menggunakan antarmuka PCI Express terbaru (dan tentunya NVMe yang merupakan antarmuka logical), PCI Express 4.0, Western Digital mengklaim SSD dengan form factor M.2 ini menawarkan kecepatan pembacaan sampai 7.000 MB/s dan kecepatan penulisan sampai 5.300 MB/s. Kecepatan tersebut tentu lebih tinggi dari produk generasi sebelumnya, WD_BLACK SN750 NVMe SSD, yang menawarkan kecepatan pembacaan sampai 3.470 MB/s dan kecepatan penulisan sampai 3.000 MB/s. WD_BLACK SN750 NVMe SSD sendiri masih menggunakan PCI Express Gen3 x4 dan bukannya PCI Express Gen4 x4 seperti WD_BLACK SN850 NVMe SSD. PCI Express 3.0/3.1 x4 tidak memungkinkan kecepatan sekitar 4.000 MB/s atau yang lebih tinggi.

Selain antarmuka, kombinasi NAND flash memory dan NAND flash memory controller yang digunakan tentunya juga yang memungkinkan kecepatan tinggi yang ditawarakan WD_BLACK SN850 NVMe SSD. Seperti WD_BLACK SN750 NVMe SSD, WD_BLACK SN850 NVMe SSD tersedia pula dengan pilihan dengan maupun tanpa heatsink. Penggunaan heatsink memungkinkan WD_BLACK SN850 NVMe SSD untuk beroperasi dengan kinerja maksimal secara terus-menerus lebih lama. Heatsink-nya pun dilengkapi dengan lampu RGB sehingga menjadi nilai tambah untuk pemain gim yang menyukai hal seperti itu. WD_BLACK SN850 NVMe SSD tanpa heatsink dengan kapasitas 500 GB dan 1 TB, akan tersedia mulai pertengahan Desember 2020 di toko resmi Western Digital di Tokopedia dan Shopee. Varian dengan heatsink dan varian dengan kapasitas 2 TB akan tersedia pada kuartal pertama 2021. WD_BLACK SN850 NVMe SSD ditawarkan dengan harga mulai dari Rp2.488.000.

WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card

Berbeda dengan WD_BLACK SN850 NVMe SSD, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card tidak menggunakan PCI Express Gen4 melainkan PCI Express Gen3, hanya saja jumlah jalurnya delapan. Dengan PCI Express Gen3 x8, bandwidth yang ditawarkan antarmuka WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card adalah sama dengan WD_BLACK SN850 NVMe SSD. Merupakan add in card alias kartu tambahan, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card tentunya berbentuk kartu tambahan PCI Express.

Menenagai WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card ini adalah dua SSD yang dijalankan secara RAID 0. Western Digital menyebutkan WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card menawarkan kecepatan pembacaan sampai 6.500 MB/s dan kecepatan penulisan sampai 4.100 MB/s. WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card ditujukan untuk pemain gim yang platformnya masih menggunakan PCI Express 3.0/3.1 dan belum akan beralih ke platform PCI Express 4.0 dalam waktu dekat. Dilengkapi dengan heatsink dan lampu RGB, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in-Card berkapasitas 1 TB sudah bisa di-pre-order di di toko resmi Western Digital di Tokopedia dengan harga Rp4.399.000. Varian 2 TB dan 4 TB akan menyusul pada kuartal pertama 2021.

WD_BLACK D50 Game Dock NVMe

WD_BLACK D50 Game Dock NVMe sendiri merupakan media simpan tambahan eksternal untuk laptop. Menggunakan Thunderbolt 3, Western Digital mengklaim WD_BLACK D50 Game Dock NVMe menawarkan kinerja yang gegas sehingga bisa memberikan pemin gim kapasitas tambahan untuk media simpan secara optimal. Namun, Western Digital tidak menyebutkan kecepatan yang ditawarakan WD_BLACK D50 Game Dock NVMe secara mendetail. Selain lampu RGB, WD_BLACK D50 Game Dock NVMe juga menawarkan berbagai porta seperti USB, DisplayPort, dan LAN.

WD_BLACK D50 Game Dock NVMe akan hadir dengan kapasitas 1 TB dan 2 TB. Kedua varian WD_BLACK D50 Game Dock NVMe tersebut akan tersedia di toko resmi Western Digital di Tokopedia mulai pertengahan Desember 2020.