Find Us On Social Media :

Punya Lapisan Keramik, Apa Jadinya Jika iPhone 12 Dijatuhkan?

By Adam Rizal, Senin, 26 Oktober 2020 | 17:00 WIB

iPhone 12

Apple mengklaim lapisan ceramic shield iPhone 12 series lebih tangguh empat kali dari kaca pelindung pada smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Bagaimana nasib iPhone 12 ketika dijatuhkan?

YouTuber EverythingApplePro menguji ketahanan bodi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Ia pun melempar kedua smartphone tersebut dari beberapa ketinggian.

Pengujian pertama skenario umum orang menjatuhkan smartphone. Filip Koroy, sang kreator, menjatuhkan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro dengan ketinggian pinggang.

Hasilnya kaca di kedua belah sisi iPhone 12 maupun iPhone 12 Pro tidak retak. Hanya saja body iPhone 12 yang terbuat dari aluminum sedikit penyok saat dijatuhkan dalam posisi vertikal.

Lanjut ke pengujian dengan ketinggian sejajar kepala. Lagi-lagi kaca bagian depan tidak retak sama sekali, demikian pula di belakangnya.

Tes selanjutnya menjatuhkan kedua iPhone dari ketinggian 10 kaki atau kisaran 3 meter. Awalnya dijatuhkan dengan body vertikal, mengejutkannya tidak ada kerusakan yang terjadi.

Barulah saat dijatuhkan dengan body belakang diarahkan ke bawah, kaca pelapis iPhone 12 dan iPhone 12 Pro pecah.

Pun begitu hasil uji keseluruhan membuktikan klaim Apple tidak sekadar ucapan manis di bibir dan ini diamini oleh Filip.

"Saya mempercayai klaim tersebut. Ini bukan marketing, kaca (ceramic shield) memang lebih baik," ujarnya.

Berikut videonya: