Find Us On Social Media :

Western Digital Ultrastar DC HC650 akan Tenagai Penyimpanan Dropbox

By Cakrawala, Selasa, 27 Oktober 2020 | 20:30 WIB

Ilustrasi platform penyimpanan.

Western Digital baru-baru ini mengumumkan bahwa Dropbox akan menggunakan Ultrastar DC HC650, tepatnya yang berkapasitas 20 TB, untuk menenagai platform penyimpanannya. Hal itu dilakukan Dropbox menyusul kualifikasi yang dilaksanakannya terhadap Western Digital Ultrastar DC HC650 20TB. Penggunaan Western Digital Ultrastar DC HC650 20TB sebagai fondasi media simpan untuk platform penyimpanan Dropbox, sejalan dengan strategi Dropbox untuk memanfaatkan kepadatan media simpan tertinggi dengan TCO (total cost of ownership) terendah tanpa mengorbankan durability dan ketersediaan data untuk para konsumennya.

Western Digital Ultrastar DC HC650 20TB sendiri merupakan HDD SMR (shingled magnetic recording) yang host-managed. HDD SMR memang menawarkan kelebihan dalam hal kapasitas dan sejalan dengan itu biaya, meski kinerjanya dalam kondisi tertentu biasanya tidak secepat HDD konvensional alias PMR (perpendicular magnetic recording). Dropbox pun menjadi salah satu yang pertama mengkualifikasi Western Digital Ultrastar DC HC650 20TB. 

"Dropbox adalah suatu perintis dalam mengadopsi SMR secara massal, dan komitmen mereka jelas-jelas telah membuahkan hasil, memberikan mereka keuntungan early mover dengan membolehkan pengembangan yang cepat dari para HDD dengan kapasitas tertinggi di industri ke dalam infrastruktur cloud mereka," ucap Andrew Dorian (Vice President of Enterprise Hard Drives, Western Digital). "Kami senang untuk meneruskan kemitraan jangka panjang kami dengan Dropbox untuk membantu mereka memenuhi dan mengambil manfaat akan permintaan layanan-layanan cloud, penyimpanan daring, dan berbagai perkakas kolaborasi jarak jauh yang meningkat dari konsumen," jelas Andrew Dorian lebih lanjut."Kami telah bekerja sama dengan Western Digital selama bertahun-tahun, dan melalui beberapa fase dari pengembangan platform penyimpanan kami," sebut Andrew Fong (Vice President of Engineering, Dropbox). "Aneka perkakas dan layanan daring adalah lebih penting dari sebelumnya, jadi kami perlu untuk bisa berinovasi secara cepat, memperluas fungsionalitas dan skala untuk membantu tetap kompetitif. Kami menantikan dengan semangat untuk mengembangkan para hard drive SMR 20 TB berkapasitas lebih tinggi ini untuk lebih jauh menekan biaya kami dan memberikan konsumen-konsumen kami dengan nilai yang lebih lagi. Western Digital adalah suatu mitra strategis penting kami dan kami menantikan dengan semangat untuk terus-menerus mendorong batasan infrastruktur cloud bersama-sama," tambahnya.

Western Digital mengklaim Ultrastar DC HC650 20TB sebagai HDD dengan kapasitas 20 TB pertama di industri. Sejalan dengan itu, Western Digital menyebutkan Ultrastar DC HC650 20TB menawarkan TCO yang tidak tertandingi untuk perusahaan maupun data center yang mengembangkan atau menambah kapasitas platformnya. Pasalnya, tidak hanya menawarkan kapasitas yang lebih tinggi, Western Digital juga menegaskan Ultrastar DC HC650 20TB menawarkan efisiensi daya yang lebih baik. Western Digital pun mengingatkan bahwa Ultrastar DC HC650 merupakan implementasi pertama di industri akan EAMR (energy-assisted magnetic recording) plus dilengkapi sejumlah teknologi lain.