Find Us On Social Media :

Toshiba Umumkan Lini HDD Terbarunya untuk Bisnis, Seri MG08-D

By Cakrawala, Selasa, 27 Oktober 2020 | 23:30 WIB

Toshiba belum lama ini mengumumkan lini HDD terbarunya, seri MG08-D. Lini HDD baru tersebut ditujukan untuk aplikasi bisnis.

Toshiba belum lama ini mengumumkan lini HDD terbarunya, seri MG08-D. Lini HDD baru tersebut ditujukan untuk aplikasi bisnis seperti e-mail, analisis data untuk business intelligence, serta server kecil dan menengah. Toshiba menyebutkan seri MG08-D merupakan generasi ketujuh dari desain mekanikal dan udaranya yang diklaim memberikan efisiensi daya yang lebih baik dan jumlah komponen yang lebih sedikit dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan kata lain, Toshiba seri MG08-D bisa memberikan TCO (total cost of ownership) yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya bagi bisnis. Selain itu, Toshiba pun memastikan lini HDD barunya ini bisa memberikan kinerja yang lebih baik.

"Seri MG08-D baru dari Toshiba menghantarkan tingkatan baru dari keandalan dan efisiensi daya untuk enterprise dan server business-critical serta platform penyimpanan," ujar Shuji Takaoka (General Manager of Storage Products Sales & Marketing Division, Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation). "Desain mekanikal konvensional generasi ke-7 Toshiba memanfaatkan teknologi conventional magnetic recording untuk menghantarkan plug-and-play versatility yang kompatibel dengan aplikasi dan lingkungan sistem operasi yang paling luas," tambah Shuji Takaoka.

Toshiba seri MG08-D hadir dengan pilihan kapasitas 4 TB, 6 TB, dan 8 TB serta dengan pilihan antarmuka SATA 6 Gbps dan SAS-3 (12 Gbps). Ketiganya memiliki kecepatan putar piringan 7.200 RPM dan tentunya form factor 3,5 inci. Toshiba pun mengklaim seri MG08-D memiliki rating beban kerja atau workload rating untuk satu tahun sebesar 550 TB. Dibandingkan generasi sebelumnya, seperti telah disebutkan, Toshiba seri MG08-D memberikan kinerja dan efisiensi daya lebih baik.

Toshiba mencontohkan varian dengan kapasitas 4 TB. Toshiba seri MG08-D berkapasitas 4 TB memberikan sustained transfer speed lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya yang berkapasitas sama, dari 185 MB/s menjadi 243 MB/s. Selain itu, varian baru ini juga mengurangi konsumsi daya active idle dari 7,5 W menjadi 4,07 W. Begitu pula dengan keandalannya, tepatnya nilai MTTF (mean time to failure), yang meningkat dari 1,4 juta jam menjadi 2 juta jam.

Toshiba menargetkan lini HDD seri MG08-D akan tersedia tahun depan.