Find Us On Social Media :

Intel Bagikan Detail Lebih Lanjut Core Generasi ke-11 Rocket Lake

By Cakrawala, Jumat, 30 Oktober 2020 | 10:00 WIB

Ilustrasi Intel.

Setelah mengonfirmasi bahwa Core Generasi ke-11 untuk desktop akan meluncur di dunia pada kuartal pertama 2021, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Intel hari ini membagikan pula detail lebih lanjut mengenai lini prosesor desktop (non-HEDT non-high-end desktop) generasi berikutnya itu. Berbeda dengan Intel Core Generasi ke-10 untuk desktop yang menyerupai generasi sebelumnya, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Rocket Lake tersebut menggunakan arsitektur baru. Alhasil, Intel mengklaim Core Generasi ke-11 untuk desktop menawarkan peningkatan IPC (instructions per cycle/instructions per clock) yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Beberapa generasi terakhir prosesor Intel untuk desktop bisa dibilang tidak menawarkan peningkatan IPC ini.

Intel menyebutkan Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake memanfaatkan arsitektur yang dinamakan Cypress Cove. Intel menjelaskan Cypress Cove menggunakan arsitektur CPU milik Ice Lake dan arsitektur GPU milik Tiger Lake. Dengan kata lain lain Intel Cypress Cove memanfaatkan Intel Sunny Cove dan Intel Xe-LP. Adapun untuk technology node, Intel tidak menyampaikan technology node yang digunakan Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake. Kemungkinan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Rocket Lake masih menggunakan technology node 14 nm seperti prosesor desktop Intel sebelumnya dan bukannya 10 nm.

Ketika Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake resmi meluncur di dunia, Intel mengklaim peningkatan IPC yang ditawarkan CPU-nya adalah sekitar 18% terhadap Core Generasi ke-8 dengan codename Whiskey Lake yang masih berbasiskan Skylake. Intel pun mengklaim Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake akan memberikan peningkatan IPC sebesar dua digit persen dibandingkan Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake S. Intel Comet Lake S sendiri masih berbasiskan Intel Skylake. Oleh karena itu, sewajarnya, dua digit persen yang diklaim Intel tidak berselisih jauh dari 18%. Namun, untuk pastinya, kita tentunya harus menunggu konfirmasi resmi dari Intel ataupun hasil pengujian ketika Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake sudah tersedia.

Sementara, untuk GPU-nya, ketika Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake resmi hadir di dunia, Intel mengklaim kinerja grafis yang ditawarkan sekitar dua kalinya Core Generasi ke-8 dengan codename Whiskey Lake. Saat perangkat yang menggunakan Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake diumumkan akan mulai tersedia akhir tahun ini, Intel pun menyebutkan peningkatan kinerja grafis yang ditawarkan Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake bisa mencapai 100% dibandingkan Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake. Namun, belum diketahui konfigurasi spesifik, seperti jumlah EU (execution unit), dari GPU pada Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Rocket Lake. Intel sendiri mengklaim peningkatan kinerja grafis dari Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake adalah sekitar 50% dibandingkan Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake S.

Empat detail menarik lain yang dikemukan Intel mengenai Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake adalah kehadiran dukungan PCI Express 4.0, jumlah lajur PCI Express dari prosesor yang bertambah, dukungan memori utama yang meningkat, dan jumlah maksimal core dari CPU. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake merupakan prosesor desktop Intel pertama yang mengintegrasikan PCI Express 4.0. PCI Express 4.0 adalah generasi terkini dari PCI Express dan menawarkan bandwidth yang dua kalinya generasi sebelumnya. Adapun penambahan lajur PCI Express dari prosesor adalah untuk mendukung koneksi SSD PCI Express masa kini secara langsung ke prosesor. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake memiliki 20 lajur PCI Express dan bukannya 16 lajur PCI Express seperti sebelumnya. Tambahan empat lajur yang bisa untuk SSD tersebut pun adalah PCI Express 4.0.

Sementara, untuk dukungan memori utama, Intel Core Generasi ke-11 untuk desktop mendukung sampai DDR4-3200. Sebelumnya, Intel Core Generasi ke-10 untuk desktop mendukung hanya sampai DDR4-2933. Nah, berbeda dengan lainnya, jumlah maksimal core dari CPU pada Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake mengalami penurunan dari sebelumnya. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Rocket Lake memiliki konfigurasi CPU sampai delapan core dan bukannya sampai sepuluh core seperti Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake S.