Find Us On Social Media :

Ini Alasan Nokia Dinobatkan Jadi Smartphone Android Paling Terpercaya

By Adam Rizal, Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15:30 WIB

Nokia 8.3

Firma riset Counterpoint Research baru-baru ini merilis laporan mengenai peringkat kepercayaan untuk merek smartphone. Barometer pengukuran itu berdasarkan empat pilar tertentu.

Hasilnya, smartphone Nokia dari HMD Global menempati urutan pertama pada keempat kategori ini. Nokia telah menjadi merek paling terpercaya selama dua tahun berturut-turut.

Counterpoint Research mengungkapkan Nokia memimpin dalam semua empat faktor yang dianalisis. Empat faktor tersebut adalah:

- Pembaruan software tepat waktu

- Pembaruan keamanan tepat waktu

- Kualitas bodi

- Smartphone yang direkomendasikan untuk perusahaan/bisnis

Berdasarkan laporan tersebut, dari Q3 2019 sampai Q2 2020, smartphone Android bermerek Nokia adalah satu-satunya perangkat yang menerima patch keamanan bulanan 100%, diikuti oleh OnePlus dengan 90%.

Hanya Nokia dan OnePlus yang memperbarui perangkatnya agar memenuhi syarat ke Android 10 dalam periode yang sama, diikuti oleh Samsung dan realme yang masing-masing berada pada angka 89% dan 73%, seperti dikutip Gizmochina.

Menariknya, laporan tersebut mengatakan smartphone Nokia menjalani tes ketahanan yang ketat dibandingkan rata-rata industri. Terakhir, sebanyak 53% smartphone Nokia adalah Android Enterprise Recommended, diikuti oleh Lenovo Motorola dengan 44%.

Menurut laporan tersebut, siklus penggantian smartphone telah mencapai 30 bulan, tetapi hanya perangkat Nokia dan OnePlus yang menerima pembaruan keamanan rutin.

Di sisi lain, upaya Samsung menjadi kecil oleh portofolionya yang sangat besar, tetapi perusahaan ini masih berhasil memberikan pembaruan ke perangkat yang memenuhi syarat, meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat daripada HMD Global.