Find Us On Social Media :

Aplikasi Samsung ini Bisa Lacak Perangkat Hilang secara Offline

By Adam Rizal, Senin, 2 November 2020 | 15:30 WIB

Samsung Smartthing Find

Samsung Electronics Co meluncurkan aplikasi mobile bernama SmartThings Find yang bisa melancak perangkat hilang secara offline.

Samsung telah menguji aplikasi itu setelah melalui proses pengujian oleh enam juta pengguna di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris selama dua bulan.

Samsung memberikan pembaruan perangkat lunak untuk layanan tersebut pada smartphone dan komputer tablet seri Galaxy yang menjalankan Android 8 atau lebih baru, smartwatch Galaxy Watch yang didukung Tizen 5.5 atau lebih tinggi, dan earbud nirkabel Galaxy Buds Plus serta Galaxy Buds Live.

SmartThings Find menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan ultra-wideband (UWB) guna membantu mereka yang kehilangan perangkat Galaxy-nya.

Samsung mengatakan, layanan tersebut memungkinkan pengguna menemukan perangkat mereka yang hilang meskipun dalam keadaan offline.

"Setelah perangkat offline selama 30 menit, aplikasi akan menghasilkan sinyal BLE yang dapat diterima perangkat lain," kata Samsung seperti dikutip Yonhap.

Anda yang melaporkan kehilangan perangkat melalui SmartTjings Find, semua smartphone atau komputer tablet Galaxy terdekat yang memilih membantu menemukan perangkat hilang, dapat memberi tahu server Samsung lokasi dan selanjutnya memberitahukan pemiik.

Layanan ini juga menyediakan arah peta dan suara yang terintegrasi bagi pengguna agar cepat menemukan perangkat hilang.

"Setelah Anda dekat dengan perangkat Anda, pilih membuat perangkat 'berdering' atau menemukannya menggunakan fungsi pencarian terdekat berbasis augmented reality, yang menampilkan grafik warna yang intesitasnya meningkat saat semakin dekat dengan perangkat Anda," jelas Samsung.

Samsung berencana mulai memperluas solusi tersebut awal tahun depan, sehingga pengguna tidak hanya dapat menemukan perangkat Galaxy, tapi juga item lainnya.