Find Us On Social Media :

Terapkan Solusi Ini, Perusahaan Logistik Tingkatkan Visibilitas & Produktivitas

By Liana Threestayanti, Selasa, 3 November 2020 | 12:33 WIB

Ilustrasi gudang, warehouse.

Raksasa logistik Sri Lanka, John Keells, mengotomatisasi  logistics value chain-nya dengan solusi Infor demi memperoleh visibilitas operasional menyeluruh.

John Keells Logistics (Pvt) Ltd. sendiri merupakan anak perusahaan dari John Keells Holdings PLC, konglomerasi terbesar di Sri Lanka yang menyediakan solusi supply chain. Perusahaan ini melayani berbagai sektor industri, seperti retail, FMCG, cat, pelumas, confectionary, otomotif, pelabuhan, dan pelayaran. 

JKLL juga mengoperasikan sejumlah logistics centers canggih di dekat pusat-pusat kota dan pelabuhan, juga armada transportasi untuk mendukung keseluruhan logistics value chain yang ditawarkan, mulai dari pergudangan, layanan transportasi, dan layanan konsultasi supply chain sebagai nilai tambah bagi pelanggan.  

Dengan value chain yang cukup beragam, visibilitas menjadi sangat krusial bagi perusahaan logistik semacam JKLL. Apalagi jika mampu memadukan data dengan kecerdasan dan analytics, perusahaan diyakini dapat menghadapi tantangan utama yang tengah dihadapi penyedia layanan 3PL di seluruh dunia saat ini, yaitu disrupsi supply chain, rencana darurat (contingency plan), dan pengelolaan risiko. 

Perusahaan logistik John Keells Logistics (JKLL) memutuskan untuk memanfaatkan Infor Warehouse Management Systems (WMS) dan Infor Birst. Kedua solusi ini mendigitalisasi dan mengoptimalkan logistics value chain sehingga perusahaan memperoleh visibilitas operasional yang lebih baik, dapat mengoptimalkan biaya, dan meningkatkan produktivitas.  

Dengan kecerdasan dan kemampuan analytics dari Infor WMS dan Infor Birst, JKLL mengotomatisasi sebagian besar fungsi bisnisnya sehingga perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang pada akhirnya akan mendongkrak keuntungan perusahaan.

Mengomentari kerjasama dengan Infor, Chief Executive Officer, JKLL, Randula Chandrarathne mengatakan, “Yang membedakan solusi Infor dengan yang lain adalah expertise yang dalam di bidang logistik dan kapabilitas industri yang spesifik. Dan kedua hal ini mendukung kami untuk mensinergikan fungsi-fungsi bisnis yang spesifik untuk 3PL dengan platform business intelligence yang sudah matang, yang semuanya terintegrasi baik dengan proses yang sudah ada."

Randula menjelaskan bahwa dengan solusi tersebut, JKLL dapat mengotomatisasi proses-proses yang sebelumnya banyak melibatkan tenaga manusia dan memakan waktu sehingga produktivitas meningkat dan biaya lebih optimal. "Pada saat yang sama, visibilitas dan kontrol terhadap operasional dan service delivery juga lebih kuat," imbuhnya. 

Sementara itu, Infor WMS yang memadukan sistem warehousing canggih dengan berbagai fitur khas logistik, seperti 3PL billing dan warehouse planning, mendukung perusahaan logistik memperoleh visibilitas operasional terhadap keseluruhan value chain. Walhasil, perusahaan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengantisipasi perubahan dan disrupsi, serta melakukan mitigasi risiko. 

“Di tengah lansekap logistik saat ini, memiliki kecerdasan berbasis data di balik aktivitas operasional perusahaan logistik menjadi semakin penting. khususnya di satu pasar di mana disrupsi supply chain, rencana darurat (contingency plan), dan pengelolaan risiko sekarang menjadi tantangan utama yang dihadapi penyedia layanan 3PL di seluruh dunia. Kami bangga dapat mendukung upaya transformasi John Keells Logistics. Solusi Infor yang khusus dikembangkan sesuai kebutuhan industri dan di cloud akan meningkatkan kemampuan JKLL dalam mengantisipasi perubahan dan menyesuaikan pergeseran passr, dan membantu mereka tetap terdepan dalam kompetisi meski di tengah situasi pandemi," pungkas Fabio Tiviti, Vice President, Infor ASEAN.