Find Us On Social Media :

Demi Hemat Memori, Begini Cara Pakai Fitur WhatsApp Storage Management

By Adam Rizal, Kamis, 5 November 2020 | 13:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Saat ini banyak pengguna yang mengirim aneka berkas dokumen, foto, serta video. Hal itu membuat kapasitas folder WhatsApp di smartphone Anda besar dan menyita ruang penyimpanan di perangkat.

Karena itu, WhatsApp kini telah mendatangkan fitur baru bernama Storage Management yang memudahkan pengguna mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten atau berkas atau file pada aplikasi.

Dengan fitur ini, pengguna bisa secara langsung menyortir dan memilah berkas mana saja yang tidak diperlukan dan bisa dihapus guna menghemat kapasitas memori penyimpanan di smartphone mereka.

Selain itu, fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran berkas, mulai dari yang paling besar sampai paling kecil. Pengguna pun dapat melihat preview dokumen atau berkas yang telah dipilih sebelum menghapusnya secara permanen.

Storage Management bisa diakses dengan mudah, yakni dengan membuka menu Settings lewat tombol tiga titik vertikal di kanan atas, kemudian memilih Storage and Data > Manage Storage.

WhatsApp kemudian akan menampilkan semua berkas media yang terdapat di smartphone, berikut keterangan lain seperti ukuran masing-masing. Fitur Storage Management itu sudah tersedia di WhatsApp beta versi 2.20.205.7.

Berdasarkan keterangan resmi WhatsApp, fitur Storage Management rencananya bakal diluncurkan secara global pada pekan ini ke seluruh pengguna WhatsApp versi terbaru.