Find Us On Social Media :

Kioxia Umumkan XD6, Pertama Memenuhi OCP NVMe Cloud SSD Specification

By Cakrawala, Kamis, 5 November 2020 | 20:35 WIB

Kioxia baru saja mengumumkan SSD terbarunya, seri XD6, di dunia. Kioxia seri XD6 adalah SSD dengan form factor E1.S yang ditujukan untuk pusat data atau data center. Kioxia mengklaim seri XD6 adalah SSD E1.S pertama yang memenuhi aneka persyaratan untuk penggunaan hyperscale, termasuk persyaratan yang ditetapkan OCP (Open Compute Platform) NVMe Cloud SSD Specification. Kioxia mengoptimalkan form factor E1.S yang digunakan seri XD6 sehingga menawarkan aneka peningkatan dibandingkan form factor M.2 yang dimanfaatkan sebelumnya.

E1.S sendiri merupakan bagian dari EDSFF (Enterprise and Data Center SSD Form Factor). E1.S (EDSFF 1U Short), sesuai namanya, merupakan form factor yang lebih pendek alias lebih ringkas dibandingkan E1.L (EDSFF 1U Long) yang juga bagian dari EDSFF. Terdapat pula form factor lain pada EDSFF selain E1.S dan E1.L.

Kioxia seri XD6 memiliki dimensi 33,75 mm x 118,75mm dengan pilihan ketebalan 9,5 mm, 15 mm, dan 25 mm. Menggunakan antarmuka PCI-Express 4.0 dan NVMe 1.3c, Kioxia mengklaim seri XD6 mampu memberikan kecepatan sampai 6.500 MB/s untuk pembacaan dan sampai 2.400 MB/s uintuk penulisan. Namun, untuk kapasitas seri XD6, Kioxia tidak menyebutkannya.

Selain kecepatan tinggi, Kioxia menyampaikan bahwa SSD seri XD6-nya juga memiliki aneka kelebihan lain. Beberapa di antaranya adalah konsumsi daya yang relatif rendah, 15 W; kinerja yang konsisten; latensi rendah untuk beban kerja pusat data; dan controller yang dioptimalkan untuk hyperscale.  

Saat ini, Kioxia seri XD6 sedang di-sampling oleh konsumen pusat data tertentu. Kioxia tidak menyampaikan secara spesifik mengenai rencana ketersediaan secara umum dari SSD seri XD6 ini.