Find Us On Social Media :

Ericsson Umumkan Cloud RAN, Tawaran Barunya yang Berikan Fleksibilitas

By Cakrawala, Rabu, 11 November 2020 | 23:30 WIB

Ilustrasi 5G.

Ericsson belum lama ini telah mengumumkan perihal tawaran barunya, Cloud RAN, di dunia. Secara spesifik, Ericsson mendefinisikan Cloud RAN sebagai suatu solusi peranti lunak cloud-native yang menangani fungsi komputasi (compute functionality) pada RAN (radio access network). Ericsson Cloud RAN memungkinkan operator telekomunikasi seluler untuk menggunakan peranti keras yang generik, yang ditenagai oleh prosesor Intel Xeon, untuk melakukan fungsi komputasi pada RAN, dan bukannya menggunakan peranti keras khusus.

Oleh karena itu, Ericsson Cloud RAN menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan solusi komputasi RAN khusus seperti halnya Ericsson RAN Compute. Ericsson Cloud RAN memberikan fleksibilitas yang lebih bagus bagi operator telekomunikasi seluler dalam membangun/mengembangkan jaringannya sehubungan pemenuhan aneka ragam penggunaan 5G.

"5G merupakan sebuah platform untuk membuka inovasi. Dengan pemberdayaan ekosistem yang lebih besar bagi pengembang dan industri, kami secara bersama-sama menciptakan dan menghadirkan inovasi cloud menuju 5G. Dengan adanya Cloud RAN Ericsson, kami akan membatu pelanggan kami mengembangkan jaringannya dengan teknologi masa depan sambil memaksimalkan investasi jaringan mereka yang ada saat ini," ujar Fredrik Jejdling (Executive Vice President and Head of Business Area Networks, Ericsson).

Ericsson menyebutkan Cloud RAN-nya sepenuhnya kompatibel dengan portofolio Radio System-nya. Ericsson Cloud RAN ini juga mendukung 5G SA (standalone) dan 5G NSA (non-standalone). Ericsson pun menilai Cloud RAN menawarkan alternatif dalam pembangungan/pengembangan RAN; alternatif yang menjadi komplemen alias melengkapi aneka solusi yang hadir lebih dulu dan sudah teruji. Ericsson Cloud RAN tentunya sejalan dengan tren software-defined yang belakangan hadir pada teknologi telekomunikasi; tren yang lebih dulu hadir pada teknologi informasi.

Ditujukan untuk melengkapi jaringan 5G purpose-built operator telekomunikasi seluler, Ericsson akan merilis Cloud RAN secara bertahap yang disesuaikan dengan perjalanan operator telekomunikasi seluler tersebut dalam pembangunan/pengembangan 5G. Tahap pertama dari Ericsson Cloud RAN akan tersedia pada kuartal keempat 2021. Tahap pertama Ericsson Cloud RAN akan menghadirkan fondasi yang memudahkan transisi ke RAN yang tervirtualisasi memanfaatkan platform peranti keras komersial yang tersedia bebas di pasar alias yang COTS (commercial off-the-shelf). 

"Ericsson memiliki teknologi 5G terdepan dan pengetahuan yang kaya dalam membangun dan menjalankan beberapa generasi jaringan akses radio (radio access network) secara global. Kami ingin membagikan keahlian tersebut guna membantu pelanggan di Indonesia dalam melengkapi jaringan 5G yang dibuat khusus (purpose-built) dan membuka peluang baru lainnya dengan Cloud RAN," pungkas Jerry Soper (Head of Ericsson Indonesia).