Find Us On Social Media :

Cara mudah menemukan file Whatsapp yang memenuhi storage smartphone

By Wisnu Nugroho, Jumat, 6 November 2020 | 07:05 WIB

Whatsapp kini memiliki fitur yang memudahkan pengguna menemukan file yang memenuhi storage smartphone

Bagi banyak orang, Whatsapp menjadi aplikasi paling sering digunakan saat ini. Mulai dari mengirim teks soal pekerjaan, berbagi foto liburan, sampai video lucu anggota keluarga. Namun tanpa Anda sadari, semua file yang lalu-lalang di Whatsapp Anda sebenarnya memenuhi storage smartphone.

Whatsapp menyadari masalah ini, sehingga mereka kini menyediakan fitur yang memudahkan pengguna melihat file Whatsapp yang menyita storage smartphone. Caranya dengan masuk ke menu Whatsapp>Settings>Storage and Data>Manage Storage. Nanti akan muncul menu yang membagi file Whatsapp ke beberapa kategori. 

Kategori pertama adalah file “Forwarded many times” yang menunjukkan file yang sering dibagi pengguna Whatsapp. Ada pula kategori “larger than 5MB” yang menunjukkan file berukuran besar. 

Anda juga bisa melihat kategori chat (chat personal maupun Whatsapp Group) yang paling banyak menyita storage. Ketika diklik, akan terlihat file yang disusun berdasarkan file yang paling besar (yang biasanya adalah video). Dengan begitu Anda dengan mudah melihat dan memilih file yang ingin dihapus dari smartphone Anda.

Kiri: jendela utama Manage Storage dengan kategori berdasarkan ukuran file dan chat yang paling menyita tempat. Kanan: jendela yang muncul saat Anda mengklik salah satu chat/Whatsapp Group

Whatsapp juga memberikan informasi yang mudah dilihat pengguna jika storage smartphone semakin penuh. Akan muncul banner di atas jendela Whatsapp yang memberi informasi tentang storage smartphone yang hampir habis. Ketika jendela tersebut diklik, pengguna akan langsung masuk ke menu Manage Storage seperti kami singgung di atas.

Fitur baru ini sudah tersedia di Whatsapp versi terbaru (2.20.202.18). Segera update Whatsapp Anda agar dapat merasakan fitur baru Whatsapp ini.