Find Us On Social Media :

Eaton Rilis UPS 9PX, Produk Penyuplai Daya yang Diklaim Hemat Energi

By Rafki Fachrizal, Jumat, 6 November 2020 | 13:25 WIB

Ilustrasi Eaton UPS 9PX

Perusahaan di bidang power management asal Irlandia, Eaton, meluncurkan produk UPS (Uninterruptible Power Supply) terbarunya yakni Eaton UPS 9PX.

Menurut perusahaan, produk penyuplai daya bebas interupsi ini ditujukan sebagai solusi bagi bisnis berskala SMB, termasuk bisnis di industri layanan finansial, ritel dan waralaba, kesehatan, serta industri kreatif berskala kecil dan menengah yang telah mengadopsi infrastruktur berbasis digital yang terintegrasi dan terkoneksi dengan ekosistem bisnisnya.

Dalam virtual press conference yang digelar Kamis (5/11), Raden Dadang Kadarsyah selaku Field Application Engineer, Power Quality, & Electric Sector, Eaton, mengatakan bahwa Eaton UPS 9PX menghadirkan proteksi daya yang hemat energi untuk data center (pusat data) baik yang berukuran kecil maupun medium, hingga untuk ruangan dan infrastruktur TI.

“Memberikan proteksi konversi ganda dengan penggunaan energi 40% lebih hemat, 9PX menjadi UPS yang sempurna bagi para manajer TI dan pengadaan fasilitas yang sangat peduli terhadap biaya untuk pengonsumsian energi maupun yang tengah mencari solusi perlindungan daya generasi masa depan,” ujar Dadang.

Kembali dijelaskan Dadang, Eaton UPS 9PX adalah UPS pertama di kelasnya yang menghadirkan unity power factor (VA=W). Produk ini menghasilkan daya 11% lebih besar dibandingkan dengan UPS lain serta mampu mendayai lebih banyak server dengan nilai VA yang ekuivalen dan faktor daya yang lebih rendah.

Produk UPS ini juga diklaim perusahaan sangat hemat energi lantaran telah memperoleh kualifikasi Energy Star, memiliki tingkat efisiensi tertinggi dari sisi biaya untuk energi dan kebutuhan untuk pendingin.

“Eaton UPS 9PX bisa mengukur konsumsi energi dengan tepat hingga ke kelompok-kelompok outlet terkelola. Nilai kWh bisa dimonitor melalui LCD atau Eaton Intelligent Power Software,” papar Dadang.

Menariknya, Eaton UPS 9PX juga mengadopsi konsep pay as you grow. Dengan konsep tersebut, produk UPS ini bisa diparalelkan dalam satu kesatuan produk, agar daya yang dihasilkan menjadi dua kali lebih besar dengan menggunakan teknologi HotSync, tanpa biaya tambahan dari saat pertama dibeli.

“Produk ini sudah turut disertai network card sebagai opsi dan Eaton Intelligent Power Software Suite yang kompatibel, serta seluruh OS 9PX utama yang bisa diintegrasikan dengan mudah dengan lingkungan virtualisasi maupun tools untuk orkestrasi cloud,” ungkap Dadang.

Eaton UPS 9PX juga telah dilengkapi dengan Intelligent Power Manager (IPM) Software. Perangkat lunak ini merupakan tools untuk memonitor dan mengelola perangkat daya, baik di lingkungan fisik maupun virtual, sehingga menjamin perangkat IT tetap aktif dan berjalan saat daya maupun lingkungan mengalami gangguan.

Bagaimana dengan faktor security-nya (keamanan)? Dijelaskan Danang, produk UPS ini sudah dilengkapi dengan Eaton Network Card First Cyber Security Certified yang dikeluarkan oleh UL-2900.

Dengan begitu, Eaton UPS 9PX diklaim mampu menghadirkan keamanan serta menjaga jaringan milik pelanggan dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya serangan siber.