Find Us On Social Media :

Menurut TrendForce, Era DDR5 akan Dimulai pada Tahun 2021 Mendatang

By Cakrawala, Jumat, 6 November 2020 | 22:30 WIB

Ilustrasi DDR5.

TrendForce beberapa hari lalu mengeluarkan prediksinya akan DDR5 di dunia. Menurutnya, era DDR5 secara resmi akan dimulai pada tahun 2021 mendatang. Namun, penetrasi DDR5 pada tahun 2021 itu adalah sedikit. TrendForce memperkirakan, penetrasi DDR5 akan mulai beroleh momentum pada tahun 2022. Pasalnya, platform PC dan server yang mendukung DDR5 baru mulai tersedia secara massal pada tahun 2022. Dengan kata lain, TrendForce meyakini bahwa DDR4 masih akan menjadi pilihan utama untuk PC dan server setidaknya sampai tahun 2021.

Saat ini, sebagai DRAM yang mainstream, TrendForce menyebutkan DDR4 mencapai penetrasi lebih dari 90%, baik pada segmen PC maupun pada segmen server. Meski spesifikasi DDR5 telah dipublikasi oleh JEDEC pada Juli 2020, tentunya butuh waktu bagi DDR5 untuk menjadi memori utama mainstream untuk PC dan server. Apalagi, sebagai teknologi baru, DDR5 awalnya akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dari DDR4. Untuk pasar yang sensitif terhadap harga seperti pasar PC, hal tersebut diyakini TrendForce akan menjadi faktor.

TrendForce memprediksikan Intel sebagai produsen prosesor utama untuk PC dan server akan lebih dulu menghadirkan prosesor yang mendukung DDR5 pada server. TrendForce memprediksikan prosesor Intel untuk server yang mendukung DDR5 akan hadir pada tahun 2021. Namun, jumlahnya prosesor bersangkutan dan platformnya adalah terbatas dan baru tersedia pada semester kedua 2021. Adapun AMD, TrendForce memperkirakan prosesor AMD untuk server yang mendukung DDR5 baru akan tersedia pada tahun 2022.

Sementara, untuk PC, antara lain karena faktor harga DDR5 tadi, TrendForce memprediksikan prosesor Intel untuk PC yang mendukung DDR5 kemungkinan baru akan tersedia pada tahun 2022. Hal serupa juga diperkirakan oleh TrendForce untuk AMD; TrendForce memperkirakan prosesor AMD untuk PC yang mendukung DDR5 baru akan tersedia mulai tahun 2022.

DDR5 sendiri menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari DDR4. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, DDR5 setidaknya mendukung sampai 5.600 Mbps, lebih tinggi dari DDR4 yang menurut spesifikasi JEDEC sampai 3.200 Mbps. Ke depannya, kecepatan transfer data DDR5 pun sewajarnya akan lebih tinggi lagi seperti halnya DDR4 yang awal ketersediaannya belum mencapai 3.200 Mbps.