Find Us On Social Media :

Alasan Pasar Aksesori Smartphone Diprediksi Melonjak Tahun Depan

By Adam Rizal, Selasa, 10 November 2020 | 11:30 WIB

Google Luncurkan Earphone TWS Pixel Buds 2

Saat ini seluruh negara di dunia sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Untungnya, kebijakan belajar dan bekerja dari rumah turut meningkatkan penjualan smartphone beserta aksesorisnya.

Lembaga riset pasar teknologi Canalys memprediksi pengiriman pasar aksesori ponsel cerdas (smartphone) global seperti wearable band dan true wireless stereo (TWS) bakal melonjak.

Canalys memperkirakan pengiriman wearable band dan true wireless stereo (TWS) masing-masing bakal melampaui 200 juta unit dan 350 juta unit pada 2021.

Canalys menilai peningkatan permintaan aksesori smartphone karena konsumen mulai mengalihkan perhatian mereka ke aksesori smart wearable dan smart hearable.

Jika dibandingkan dengan smartphone, kategori wearable band dan earbud TWS akan lebih bertahan di tengah pandemi, dengan pengiriman diproyeksikan tumbuh pada tingkat yang sehat sebesar 32 persen pada 2020.

Baca Juga: Samsung Luncurkan Smartphone Galaxy M21s, Ini Spesifikasi dan Harganya

"Pandemi akan memperpanjang siklus penggantian untuk smartphone. Namun, efek lipstik akan mendorong konsumen untuk berbelanja barang-barang yang lebih kecil dan lebih murah selama kemerosotan ekonomi demi memenuhi kesenangan belanja mereka," ujar analis Canalys Research Cynthia Chen.

Perhatian konsumen terhadap kesehatan dan kebugaran telah meningkat signifikan selama pandemi, yang merupakan peluang besar bagi perangkat wearable, papar perusahaan riset tersebut.

Selain itu, partisipasi dalam aktivitas indoor seperti belajar jarak jauh, bekerja dari rumah dan menikmati hiburan di rumah, serta olahraga dan rekreasi outdoor juga terus meningkat.

"Earbud TWS diperkirakan akan tumbuh 39 persen pada 2021 dan mencapai lebih dari 350 juta unit, jauh lebih kuat dibandingkan wearable band, yang diperkirakan akan tumbuh 12 persen pada tahun yang sama," jelas Cynthia.

Baca Juga: Apple Umumkan Harga Charger Nirkabel MagSafe Duo dan Casing iPhone 12