Find Us On Social Media :

Developer WFH, UOB Bisa Rilis 3 Aplikasi Inovatif, Ini Strateginya

By Liana Threestayanti, Selasa, 10 November 2020 | 18:00 WIB

Bekerja sama dengan VMware, UOB dapat mendukung tim developer-nya terus berinovasi meski harus WFH karena pandemi.

Bekerja sama dengan VMware, United Overseas Bank (UOB) dapat mendukung tim TI dan developer-nya terus berinovasi meski harus bekerja dari rumah karena pandemi.

Dalam waktu 21 hari, bersama VMware, United Overseas Bank (UOB) berhasil menggelar solusi desktop virtual UOB DevTop yang aman dan andal bagi 3000 developer-nya. Penggelaran ini termasuk yang tercepat di Asia Tenggara karena umumnya dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk melakukannya.

Solusi UOB DevTop dirancang dengan standar keamanan yang kokoh dan dapat meminimalkan risiko. Hal itu dihadirkan melalui fitur sandbox yang memungkinkan para pengembang menguji dan mengimplementasikan pembaruan pada layanan dan solusi digital UOB. Para developer pun dapat menunaikan tugasnya sesuai jadwal dan tanpa disrupsi atau penundaan meskipun mereka harus bekerja dari rumah. 

UOB DevTop dikembangkan dengan mengintegrasikan solusi virtual desktop VMware Horizon dan infrastruktur TI dan hybrid cloud UOB. infrastruktur ini vital bagi UOB karena memungkinkan bank mengakselerasi deployment UOB DevTop tanpa bank harus menginstalasi server on-premises. Bahkan ketika kapasitas komputasi melonjak akibat pekerjaan yang dilakukan oleh 3000 developer.

Berkat dukungan solusi ini, tim developer dapat menyelesaikan beberapa proyek pengembangan software tahun ini. Dalam tiga bulan saja, UOB telah meluncurkan tiga solusi inovatif. Di bulan Agustus, UOB meluncurkan TMRW, bank digital untuk ASEAN, di Indonesia. Kemudian di bulan September, UOB merilis UOB Mighty, sebuah aplikasi mobile banking all-in-one untuk nasabahnya di  Malaysia. Aplikasi ini hadir dengan antarmuka dan fitur baru yang ditopang artificial intelligence untuk membantu nasabah dalam menggunakan dan menyimpan uang dengan lebih bijaksana. Masih di bulan September, UOB juga meluncurkan UOB Infinity, sebuah aplikasi mobile baru bagi klien bisnis di kawasan ASEAN. Aplikasi ini dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan perbankan para kliennya melalui fitur-fitur intuitif, seperti desktop yang bisa disesuaikan (customisable), kemampuan, cash management dan trade service.

Susan Hwee, Head of Group Technology and Operations, UOB, mengatakan, “Mengingat sebagian besar karyawan di seluruh Grup UOB beralih dengan bekerja dari rumah selama masa pandemi, maka prioritas kami adalah melengkapi mereka dengan peranti dan sumber daya yang tepat sehingga proses transisi bisa berjalan dengan lebih cepat dan mulus, serta layanan kepada nasabah dapat terus berjalan tanpa timbul gangguan. Dengan memanfaatkan teknologi dan infrastruktur cloud dan didukung oleh beragam solusi VMware, kami mampu mengembangkan dan mengimplementasikan solusi desktop virtual yang lebih aman dengan kecepatan dan skala yang luar biasa. Hal ini memungkinkan tim pengembang TI perusahaan yang terdiri dari 3.000 personel dapat terus mendukung kegiatan bisnis Bank dan mendorong terwujudnya beragam inovasi tanpa mengompromikan keamanan.”

Sanjay K. Deshmukh, Managing Director dan Vice President, Southeast Asia and Korea, VMware, menjelaskan, “Di masa yang penuh dengan ketidakpastian yang tengah melanda dunia saat ini, teknologi digital tampil sebagai bintang. Menjadi enabler paling efektif bagi organisasi-organisasi dalam mendukung bisnis dapat terus berjalan dengan baik, mengoptimalkan pelibatan karyawan, hingga menjembatani mereka untuk terus terhubung dengan pelanggan. Kami sangat antusias untuk terus melanjutkan kemitraan bersama UOB dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan operasional mereka, sekaligus dalam mematuhi persyaratan keamanan dan privasi data perbankan yang begitu ketat.”

Sanjay melanjutkan, bahwa “Dengan diterapkannya solusi-solusi terkemuka VMware untuk digital workspace dan hybrid cloud di UOB, kami yakin bahwa UOB akan terus maju dan tampil sebagai bank terkemuka di kawasan regional yang melayani beragam basis pelanggan di berbagai sektor industri, secara lebih efektif dan makin aman.”