Find Us On Social Media :

Mercedes-AMG Petronas Formula One Team Raih Gelar Juara dengan Data

By Liana Threestayanti, Kamis, 12 November 2020 | 18:00 WIB

Mercedes-AMG Petronas Formula One Team menggunakan data dan solusi TIBCO Cost Visualizer Tool untuk raih kemenangan.

Saat ajang kompetisi digelar di tengah pandemi, bagaimana cara menjuarai sementara biaya harus dioptimalisasi? 

Mercedes-AMG Petronas Formula One Team menjawabnya dengan solusi TIBCO Cost Visualizer Tool.

Sebelumnya Mercedes-AMG Petronas Formula One sudah bekerja sama dan memanfaatkan tool dari TIBCO untuk meningkatkan kinerja kendaraannya. Kolaborasi ini membuahkan hasil berupa serangkaian kemenangan, termasuk memenangkan FIA Formula One™ World Constructors’ Championship ketujuh kalinya.

Tool baru Cost Visualizer membantu tim melakukan visualisasi dan memprediksi biaya manufaktur melalui modul Bill of Material dan modul Budgeting. Dengan Cost Visualizer, para desainer, engineer, dan budget planner dapat memahami dan memprediksi biaya produksi mobil Mercedes-AMG F1 W11 EQ Performance.  

Sekarang setiap design engineer dapat membandingkan pekerjaan CAD dengan semua data keuangan yang ada. Data-data ini dapat dilihat, diamati, dan dievaluasi, sejak dari pembuatan komponen hingga perakitan kendaraan. Ketika data-data dikumpulkan di budgeting tool, tim dapat memperkirakan biaya per komponen di tahap desain dan memprediksi proyek secara keseluruhan..

"Pertama, kami semua di TIBCO ingin mengucapkan selamat kepada Tim Formula Satu Mercedes-AMG Petronas yang telah memenangkan Kejuaraan Konstruktor Dunia FIA Formula One ™ untuk ke-tujuh kalinya. Penggunaan AI dan analisis visual yang inovatif oleh tim merupakan kekuatan utama dalam kesuksesannya, dan kami senang platform TIBCO Connected Intelligence kami membantu memainkan peran dalam memungkinkan tim untuk tetap menjadi yang terdepan dalam olah raga yang sangat kompetitif ini," kata Dan Streetman, CEO, TIBCO.

"Kemitraan berkelanjutan memberi manfaat bagi tim dan semua pelanggan global TIBCO, seiring (upaya) kami terus mendorong pemodelan, simulasi, dan digital twin technologies, mendorong nilai bagi pengguna kami," imbuh Dan.

Proses baru untuk melacak dan mengukur biaya pengembangan mobil ini akan membantu tim memenuhi peraturan keuangan batas biaya baru yang diumumkan oleh FIA pada Oktober 2019, yang akan menjadi persyaratan mulai Januari 2021.

“Jenis olahraga ini bergantung pada tim yang terdiri dari individu dan ahli teknologi berpengalaman serta berbakat yang memahami bahwa data adalah yang terpenting. Kami ingin tahu persis apa yang terjadi di belakang kemudi, di bawah bodywork, dan di lintasan sepanjang waktu, dan kemitraan kami dengan TIBCO telah memungkinkan kami melakukan hal itu dengan tepat," kata Toto Wolff, Team Principal and Chief Executive Officer, Mercedes-AMG Petronas Formula One Team. 

“TIBCO Cost Visualizer Tool memberi kami keunggulan tambahan, menawarkan wawasan tentang biaya penuh untuk membangun, menjalankan, dan membuat mobil balap kami, sambil memastikan data yang dimasukkan ke sumber akurat, memberi kami keuntungan penting," imbuh Toto.

Formula Satu terus menjadi olahraga padat data, di mana Mercedes-AMG Petronas Formula One Team secara konsisten mengumpulkan data dalam hitungan terabyte di tiap balapan akhir pekan. Dengan menganalisis data ini, tim memperoleh wawasan atau insight yang diperlukan untuk menyempurnakan mesin kendaraan W11 EQ Performance, membuat keputusan pengemudi dengan presisi yang tajam, dan memastikan kepatuhan dengan peraturan batas biaya FIA.