Find Us On Social Media :

Login Aplikasi LINE di iPad Sekarang Bisa Tanpa Password, Caranya?

By Rafki Fachrizal, Kamis, 12 November 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi Pengguna iPad

Aplikasi pesan instan LINE meluncurkan update (pembaruan) bagi pengguna iPad. Update tersebut yakni di mana para pengguna perangkat besutan Apple tersebut kini bisa melakukan login ke aplikasi LINE tanpa perlu memasukkan password (kata sandi).

Sebagai gantinya, setiap pengguna LINE bisa login secara mudah ke dalam aplikasi dengan mengaktifkan fitur autentikasi biometrik. Agar fitur ini berfungsi, pengguna harus meng-update aplikasi LINE ke versi 10.18.0 ke atas.

“Fitur baru ini menggunakan standar FIDO2 sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE,” tulis keterangan dari LINE.

Sekadar informasi, FIDO2 merupakan standar keamanan yang diformulasikan oleh FIDO Alliance. Protokol FIDO2 menggunakan kunci kriptografi standar umum dan aman terhadap berbagai ancaman, seperti phishing.

Baca Juga: Cara Kirimkan Foto dan Video yang Dapat Terhapus Otomatis di Instagram

Lebih lanjut, untuk menggunakan fitur autentikasi biometri di iPad, berikut beberapa langkahnya:

  1. Pengguna pertama kali harus mendaftarkan informasi biometrik di ponsel mereka dan menghubungkannya ke akun LINE.
  2. Pengguna kemudian bisa membuka aplikasi LINE di perangkat iPad mereka, memverifikasi nomor telepon, dan mengetuk “Log in with smartphone” guna memasangkan iPad dengan ponsel.
  3. Setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti instruksi di ponsel mereka agar prosesnya selesai.
  4. Ketika masuk ke dalam aplikasi LINE untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memverifikasi indentitas dengan menggunakan 6-digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar ponsel.

Baca Juga: Facebook Kembangkan Mesin Khusus untuk Saring Konten Negatif