Find Us On Social Media :

AVEVA, Microsoft Dorong Digitalisasi Sektor Manufaktur & Energi

By Liana Threestayanti, Kamis, 12 November 2020 | 20:15 WIB

Dua raksasa software dari dua "dunia" menggalang kerja sama untuk mempercepat transformasi digital di sektor industri. 

Perusahaan global perangkat lunak untuk engineering dan industri, AVEVA, baru-baru ini mengumumkan kerjasama strategis jangka panjang dengan Microsoft.

AVEVA akan membantu mengoptimalkan manfaat yang dapat diperoleh pelanggan dari integrasi portofolio AVEVA dengan layanan Microsoft berbasis cloud  khususnya Microsoft Azure (layanan infrastruktur, data, dan AI). 

Fokus utama AVEVA adalah seputar layanan cloud, transformasi pekerja, dan membangun Asset Strategy (Kinerja Aset). Tiga area utamanya adalah integrasi platform, pendekatan multi-solution engagement, dan strategi go-to-market bersama. Dicontohkan di sini bagaimana pendekatan integrasi platform dapat memberikan cara-cara baru untuk meningkatkan nilai bisnis bagi pelanggan, sebagaimana telah dibuktikan oleh pelanggan AVEVA seperti Total, Veolia dan SGC Chemicals.

Selama beberapa tahun terakhir, transformasi digital telah mengubah cara industri manufaktur dan industri energi dalam menyelenggarakan bisnis yang berkelanjutan (sustainable) dan memanfaatkan teknologi terbaru agar operasionalnya lebih efisien. 

Memasuki era New Normal, cara kerja sektor-sektor ini lebih mengandalkan platform digital. Portofolio AVEVA yang sangat luas, dikombinasikan dengan solusi teknologi Microsoft, memungkinkan pelanggan untuk bergerak lebih cepat, mengurangi konsumsi energi, mengurangi emisi, memudahkan berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi serta membantu meningkatkan efisiensi. Inovasi teknologi dan solusi digital, seperti layanan Azure AI dan Azure Cognitive Search mendukung penerapan manajemen energi yang efisien, transformasi tenaga kerja yang sukses, dan membantu memperbaiki proses.

Awal tahun ini, AVEVA menjadi salah satu dari sepuluh perusahaan terkemuka yang berkolaborasi dengan Microsoft untuk meluncurkan Microsoft Energy Core sebagai bagian dari komitmen terhadap peningkatan kapasitas, pemberdayaan inovasi, dan mendorong kemakmuran dan pertumbuhan dengan tujuan bersama untuk membentuk kembali masa depan industri energi dan memberikan dampak positif dalam komunitas global.

Menurut survei AVEVA, 86% organisasi setuju bahwa transformasi digital adalah komponen kunci dari rencana strategis perusahaan mereka saat ini. Meskipun hampir semua perusahaan industri mengetahui bahwa adopsi cloud adalah elemen kunci dari transformasi digital, sebagian besar tidak memiliki rencana konkret untuk menjalankan strategi ini sebelum masa pandemi. Kerja sama AVEVA dengan Microsoft adalah untuk membantu pelanggan mengeksplorasi manfaat teknologi berbasis komputasi awan seperti Azure AI, Azure Machine Learning, dan Big Data Analytics.

Chief Revenue Officer AVEVA, Steen Lomholt-Thomsen mengatakan bahwa dengan begitu banyaknya perekonomian dunia yang bergantung pada digitalisasi, memenuhi standar tertinggi untuk keamanan dan kekuatan aset-aset vital adalah kebutuhan yang mutlak harus dimiliki.  

“Pandemi ini memaksa seluruh sektor dalam industri untuk merangkul platform digital inovatif yang tersedia untuk memfasilitasi cara kerja yang membuat orang tetap bisa terhubung dan bekerja secara gesit, dan yang lebih penting adalah keamanan. Kami bangga dapat memperpanjang kerjasama dengan Microsoft saat kami berusaha memberikan kontribusi bersama untuk membantu pelanggan menavigasi tantangan dan kompleksitas yang ditimbulkan oleh lingkungan yang tidak stabil saat ini," ujar Steen.

Deb Cupp, CVP WW Enterprise & Commercial Industries di Microsoft menegaskan bahwa penting bagi organisasi atau perusahaan untuk mengadopsi kerangka kerja yang stabil dan selaras dengan pertumbuhan mengingat ketahanan ekonomi saat ini berkaitan erat dengan infrastruktur digital.

“Teknologi cloud seperti Microsoft Azure akan memungkinkan bisnis untuk mengonfigurasi, menyediakan, dan merancang solusi yang mereka butuhkan, kapan dan di mana pun mereka membutuhkannya. Kolaborasi kami dengan AVEVA akan memberdayakan pelaku industri dan manufaktur untuk mengembangkan solusi inovatif bagi pelanggan kami,” pungkas Deb Cupp.