Find Us On Social Media :

Wow! Konsol PlayStation 5 Langsung Habis Terjual di Hari Pertama

By Adam Rizal, Sabtu, 14 November 2020 | 10:30 WIB

PlayStation 5

Sony resmi menjual perdana PlayStation 5 di berbagai negara. Hebatnya, pamor PlayStation 5 justru mendorong minat orang untuk memborong konsol game PlayStation 5 sehingga penjualan PS5 dikabarkan ludes pada hari pertama.

Jepang dan Australia beruntung karena kebagian penjualan perdana PS5 gelombang pertama karena zona waktu yang lebih dulu dibanding di AS atau Eropa. Hasilnya, stok konsol PlayStation 5 ludes terjual di toko-toko ritel online di Jepang, baik itu versi Standard Edition maupun Digital Edition. Bahkan, ada sejumlah toko ritel yang harus mengundi pembeli karena stok yang terbatas.

Tak jauh berbeda di Australia, situs pemesanan PlayStation 5 susah diakses karena tingginya traffic animo orang yang ingin membelinya. Salah seorang pemesan mengatakan kepada 7news.au bahwa ia melihat tulisan "Sold Out" saat hendak memesan.

Sayangnya, beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk meraup untung. Mereka menjual kembali konsol PS5 dengan banderol harga lebih mahal lewat situs e-commerce.

Konsumen di Jepang menjual kembali PS5 di situs e-commerce, dengan harga yang menembus angka 900 dollar AS, atau sekitar Rp12,7 juta. Padahal, harga PS5 versi standar hanya banderol harga 500 dollar AS (sekitar Rp7,3 juta) seperti dikutip Reuters.

Sedangkan versi digital (Digital Edition) dijual dengan harga 400 dollar AS (sekitar Rp5,9 juta). Selain di Jepang dan Australia, penjualan perdana PS5 juga digelar di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Masuk ke Akun PlayStation 5

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penjualan perdana PlayStation 5 kali ini diadakan secara online. Peminat memang dapat mengunjungi toko offline terdekat untuk bisa langsung mendapatkan konsol.

Namun, akses ke toko telah dibatasi khusus untuk para pengunjung yang telah melakukan pembelian lewat sesi pre-order beberapa waktu lalu. Langkah ini memang sengaja dilakukan Sony guna meminimalisasi penularan virus Covid-19. Sejak diperkenalkan pertama kali lewat ajang The Future of Gaming Show yang digelar secara online pada Juni lalu, PS5 telah disambut dengan antusiasme yang tinggi dari para penggemar konsol PS.

Di Indonesia sendiri, PS5 mulai bisa dipesan pada 18 Desember 2020. Harga PS5 di Indonesia dibanderol harga Rp7,3 juta untuk versi digital (tanpa slot Blu-ray disc) dan Rp8,8 juta untuk versi standar (dengan slot Blu-ray disc).

Meski sudah bisa dipesan mulai 18 Desember 2020, unit konsol akan mulai dikirim kepada pembeli atau bisa dibeli secara offline mulai 22 Januari 2021. Sony memberikan daftar peritel yang membuka sesi pre-order PS5 di blognya, yang bisa dilihat di tautan berikut ini. https://asia.playstation.com/en-id/support/retail-store/

Baca Juga: Daftar Toko Resmi Buka Pre-Order Konsol PlayStation 5 di Indonesia