Find Us On Social Media :

Jangan Dulu Update Smartphone Xiaomi Anda dengan MIUI 12!, Kok Bisa?

By Adam Rizal, Senin, 16 November 2020 | 09:00 WIB

xiaomi MIUI 12

Xiaomi resmi memperkenalkan antarmuka terbarunya MIUI 12 secara global pada Mei lalu. Xiaomi menghadirkan MIUI 12 secara bertahap untuk smartphone flagship hingga entry-level.

Namun, para pemilik smartphone Xiaomi harus berhati-hati sebelum melakukan pembaruan MIUI 12 karena banyak laporan mengatakan bahwa update MIUI 12 dapat menimbulkan masalah untuk smartphone Xiaomi, Redmi, dan Poco.

Salah satunya pengguna yang mengalami masalah itu adalah pengguna Twitter @deepakbuzz.

Ia mengunggah sebuah video yang menunjukkan kondisi ponsel Poco X3 NFC yang mengalami masalah setelah melakukan update ke MIUI 12. Masalah itu membuat smartphone melakukan restart secara berulang.

"Kemarin saya mendapatkan pembaruan baru bernama 'MIUI 12.05 stable'. Setelah melakukan pembaruan, saya menghadapi masalah yang disebut 'find phone closed unexpectedly'. Saya tidak bisa menggunakan ponsel dan terus menerus melakukan restart," tulis akun @deepakbuzz seperti dirangkum Gizmochina.

Tidak ada jaminan bahwa masalah ini tidak akan terjadi dengan aplikasi lain. Masalah ini sebenarnya sempat dilaporkan pengguna ponsel Xiaomi di forum resmi pada bulan lalu.

Masalah ini juga diketahui terjadi di sejumlah ponsel Xiaomi jenis lain, yaitu Redmi K20 Pro, Redmi Note 7 Pro, dan Redmi Note 9 Pro Max.

Di Indonesia, MIUI 12 sudah bisa diunduh secara bertahap oleh pengguna Xiaomi sejak Agustus lalu.

Berikut ini adalah sejumlah ponsel Xiaomi yang kebagian MIUI 12 di Indonesia:

- Redmi 9 - Redmi Note 9, 9 Pro - Redmi Note 8, 8 Pro - Redmi 8, 8A, 8A Pro - Redmi Note 7 - Redmi 7, 7A - Redmi Note 6 Pro - Redmi 6, 6A, 6 Pro - Redmi Note 5, 5 Pro - Redmi S2 - Mi 10 - Mi Note 10, Note 10 Pro - Mi 8 Lite - Poco F1

Selain sejumlah model di atas, semua smartphone seri Mi/Redmi/Poco teranyar di kemudian hari, bakal turut dibekali dengan MIUI 12.