Find Us On Social Media :

Entrust Hadirkan Solusi Aman Cetak Kartu Identitas dari Mana Saja

By Liana Threestayanti, Senin, 16 November 2020 | 18:30 WIB

Ilustrasi solusi Sigma Instant Desktop Issuance dari Entrust

Entrust hari ini (16/11) mengumumkan kehadiran solusi Sigma Instant Desktop Issuance, sebuah solusi pembuatan kartu identitas direct-to-card yang inovatif untuk membuat kartu identitas fisik dan digital secara instan. 

Dirancang untuk implementasi di cloud maupun di server yang terpasang di dalam perusahaan (on-premise), solusi Sigma dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan, kantor pemerintah, lembaga pendidikan tinggi, dan lembaga keuangan.

Pandemi menghadirkan banyak tantangan keamanan pada perusahaan, mulai dari keharusan mentransisikan kegiatan operasional ke platform digital hingga mengantisipasi/mengatasi ancaman siber yang juga terus meningkat di seluruh dunia. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah menjaga agar data yang tersebar di lingkungan perusahaan tetap terproteksi, termasuk data yang tersimpan dalam kartu identitas fisik. 

Dalam menangani Manajemen Identitas dan Akses (Identity and Access Management), perusahaan membutuhkan solusi pencetakan kartu identitas yang tidak saja mudah diintegrasikan ke dalam kegiatan operasional, tetapi juga dapat terus dikembangkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan perusahaan yang terus meningkat, serta memastikan data benar-benar aman. 

Sistem Sigma menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan kapabilitas memroses pembuatan kartu identitas melalui pencetakan dari komputer desktop, smartphone, maupun komputer tablet. Dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mulai mencetak kartu identitas.

Dilengkapi API berbasis cloud, Sigma memungkinkan mengoperasikan sistem pembuatan kartu identitas di cloud tanpa pengguna harus menginstalasi perangkat keras dan dapat mencetak kartu identitas, badge, dan kartu pembayaran fisik secara instan. Dengan kemampuan-kemampuan, seperti tactile impressions, holographic, dan luster panel printing, printer Sigma akan mempersulit para pemalsu untuk mengubah atau menggandakan kartu identitas. Selain itu, fitur-fitur seperti inline magnetic stripe dan smart card encoding dapat mengamankan kartu Anda selama proses pencetakan kartu berlangsung.

“Dengan platform Sigma, kami bangga bisa memberikan solusi pembuatan kartu identitas melalui desktop yang terbaik di kelasnya. Sigma dirancang untuk bekerja sepenuhnya di lingkungan cloud dan aman. Dengan platform Sigma, lembaga keuangan, perusahaan, kantor pemerintah, lembaga pendidikan tinggi, dan layanan kesehatan dapat memenuhi permintaan pembuatan kartu identitas yang volumenya sangat besar tanpa mengorbankan aspek keamanan atau kemudahan dalam penggunaannya. Sistem Sigma siap untuk memenuhi beragam kebutuhan pembuatan kartu identitas saat ini dan, yang tak kalah penting, sistem Sigma akan terus dikembangkan untuk dapat mengatasi berbagai tantangan keamanan dan teknologi masa depan dengan aplikasi-aplikasi pencetakan yang tanpa batas,” kata Tony Ball, Senior Vice President and General Manager of Instant Issuance, Entrust.

Sistem Sigma menawarkan fitur keamanan yang dapat menjaga agar data tetap terlindungi di setiap langkah proses pembuatan kartu identitas:

Sistem Sigma juga menawarkan kapabilitas yang memudahkan perusahaan menerapkan cara kerja hybrid (bekerja di rumah dan di kantor secara selang-seling). Printer Dashboard sistem Sigma sudah tersedia di perangkat smartphone atau tablet. Dengan demikian, berbagai organisasi/perusahaan dapat mengelola printer dari mana saja, tanpa harus terhubung ke desktop. 

Dengan sistem Sigma, perusahaan-perusahaan juga dapat beralih ke proses pembuatan kartu identitas secara contactless, mulai dari pengiriman foto secara online hingga memvalidasi foto, mencetak kartu, dan akhirnya mengirimkan kartu tersebut kepada karyawan. Selain itu, solusi Sigma untuk pembuatan kartu identitas di tempat (on-premises) dilengkapi dengan fungsi pendaftaran dari perangkat smartphone atau tablet. Dengan demikian, proses pembuatan kartu identitas bisa lebih fleksibel karena dapat dilakukan di beberapa lokasi dalam satu fasilitas.

Sistem Sigma menggunakan teknologi Instant ID yang cerdas untuk menyederhanakan proses pencetakan dan menghilangkan alur kerja manual. Dengan demikian, proses pembuatan kartu identitas menjadi lebih sederhana, aman dan fleksibel.

“Solusi Entrust Sigma berbasis browser dan dapat dioperasikan melalui perangkat smartphone atau tablet, serta dapat digunakan tanpa perlu memasang perangkat keras yang berat. Fitur keamanan berbasis sertifikat yang sudah terintegrasi dapat mengatasi segala kekhawatiran karena Anda harus mencetak kartu identitas melalui cloud atau karena solusi pencetakan Anda rentan terhadap serangan keamanan di dalam jaringan,” tutup Joe Franco, Director of Sales, Capture Technologies, mitra channel Entrust.