Find Us On Social Media :

Micron Kapalkan NAND Flash Memory 176 Layer yang Pertama di Dunia

By Cakrawala, Senin, 16 November 2020 | 23:15 WIB

Ilustrasi Micron.

Micron belum lama ini mengumumkan telah mulai mengapalkan secara massal 3D NAND flash memory dengan 176 layer atau lapisan. Micron mengklaim 3D NAND flash memory dengan 176 layer-nya itu adalah yang pertama di dunia. Dibandingkan 3D NAND flash memory sebelumnya yang memiliki layer lebih sedikit. Micron menyebutkan 3D NAND flash memory dengan 176 layer itu menawarkan kinerja dan kepadatan yang lebih baik. Bahkan, Micron meyakini, 3D NAND flash memory dengan 176 layer-nya tersebut merupakan 3D NAND flash memory dengan node yang memiliki teknologi terdepan di pasar. Alhasil, media simpan yang menggunakan 3D NAND flash memory dengan 176 layer bersangkutan akan memberikan peningkatan kinerja bagi berbagai perangkat yang menggunakannya, mulai dari data center sampai smartphone.

"NAND 176-layer milik Micron menetapkan suatu batasan baru untuk industri, dengan jumlah layer yang hampir 40% lebih tinggi dari kompetitor terdekat kami," ujar Scott DeBoer (Executive Vice President of Technology and Products di Micron). "Dikombinasikan dengan arsitektur CMOS-under-array milik Micron, teknologi ini mempertahankan kepemimpinan biaya Micron di industri," tambahnya.

"NAND 176-layer milik Micron membolehkan terobosan inovasi produk untuk para konsumen kami," sebut Sumit Sadana (Executive Vice President and Chief Business Officer di Micron). "Kami mengembangkan teknologi ini pada portofolio produk kami yang luas untuk membawa nilai ke mana saja NAND digunakan, menargetkan kesempatan bertumbuh pada 5G, AI, cloud, dan intelligent edge," imbuhnya.

Dibandingkan, 3D NAND flash memory milik Micron sebelumnya yang juga diproduksi massal, tepatnya 3D NAND flash memory dengan 96 layer yang menggunakan floating-gate, 3D NAND flash memory dengan 176 layer dari Micron ini diklaim menawarkan latensi pembacaan dan penulisan yang lebih singkat lebih dari 35%. Dibandingkan 3D NAND flash memory dengan 128 layer yang menggunakan replacement-gate, 3D NAND flash memory dengan 176 layer dari Micron tersebut menawarkan latensi pembacaan dan penulisan yang lebih singkat lebih dari 25%. Adapun 3D NAND flash memory dengan 176 layer yang pertama di dunia bersangkutan menggunakan replacement-gate.

Selain itu, Micron juga mengklaim 3D NAND flash memory dengan 176 layer-nya memiliki ukuran fisik die yang lebih kecil dari para pesaingnya. Micron menyebutkan 3D NAND flash memory dengan 176 layer-nya tersebut memiliki die yang berukuran fisik lebih kecil 30% dari para pesaingnya. Ukuran fisik die yang lebih kecil membuat 3D NAND flash memory dengan 176 layer dari Micron cocok pula digunakan pada perangkat dengan form factor yang ringkas.

Produk Crucial yang menggunakan 3D NAND flash memory dengan 176 layer dari Micron ditargetkan mulai tersedia tahun 2021 mendatang. Crucial sendiri adalah merek produk akhir dari Micron sehubungan memori untuk pengguna umum.