Find Us On Social Media :

Operator Telekomunikasi Seluler 3 Indonesia Berhasil Uji Coba SRv6

By Cakrawala, Selasa, 17 November 2020 | 23:15 WIB

Operator Telekomunikasi Seluler 3 Indonesia mengumumkan keberhasilannya menguji coba SRv6 di area Jawa Tengah. SRv6 ini diklaim bisa memberikan latensi rendah yang penting untuk bermain gim.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia hari ini mengumumkan keberhasilannya dalam menguji coba SRv6 (segment routing IPv6 atau segment routing over IPv6) di area Jawa Tengah. Segment routing merupakan salah satu metode untuk menyederhankan jaringan dengan tidak meletakkan informasi tertentu pada ruter perantara dan menambahkan informasi tertentu pada header dari paket data. Adapun SRv6, seperti namanya, mengimplementasikan segment routing memanfaatkan IPv6 (internet protocol version 6). Karena secara langsung pada IPv6, SRv6 tidak membutuhkan MPLS (multiprotocol label switching), sehingga makin menyederhanakan lagi.

Lebih lanjut, 3 Indonesia menyebutkan SRv6 melakukan otomatisasi penyediaan dan pengoptimalan layanan jaringan, serta meningkatkan keandalan jaringan. SRv6 diklaim mengubah jaringan transpor IP 3 Indonesia menjadi jaringan cerdas yang memberikan layanan ultra-broadband dengan kualitas yang terjamin untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna 3 Indonesia.

"Kami memiliki misi berkelanjutan untuk selalu meningkatkan kualitas jaringan dan selalu menerapkan inovasi teknologi terkini. Fase uji coba sudah berhasil kami lalui, sehingga teknologi SRv6 siap kami terapkan untuk mendukung penerapan 5G ke depan. SRv6 mentransformasi jaringan transport IP kami menjadi jaringan dengan kemampuan yang lebih baik, yang memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta memenuhi kebutuhan layanan 5G ke depan,” jelas Desmond Cheung (Chief Technical Officer 3 Indonesia).

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia menilai jaringan seluler yang andal adalah sangat penting untuk menghadirkan layanan 5G. Apalagi 5G bukan hanya menawarkan kecepatan maksimal yang lebih tinggi melainkan menawarkan keunggulan lain seperti latensi yang rendah. Bahkan, 5G memungkinkan URLLC (ultra-reliable low-latency communication) yang menawarkan keandalan dan latensi menyerupai kabel.

Latensi yang rendah misalnya bermanfaat untuk kenyamanan bermain gim. Jika latensi tinggi, pengguna yang bermain gim akan merasakan bahwa gim yang dimainkan kurang responsif. Dengan SRv6, 3 Indonesia menyebutkan jaringannya bisa secara otomatis melakukan optimasi berdasarkan dinamika perubahan kondisi jaringan sehingga akan selalu memberikan latensi yang rendah.