Find Us On Social Media :

Inilah Lima Tips Mudah Live Streaming untuk Pemula ala Likee

By Cakrawala, Rabu, 18 November 2020 | 23:55 WIB

Ilustrasi Likee.

Likee hari ini membagikan lima tips mudah untuk para pemula di tanah air dalam melakukan live streaming atau siaran langsung melalui internet. Tips ini dibagikan oleh Likee sejalan dengan makin populernya live streaming tersebut. Menurut Techjury, live streaming mengalami pertumbuhan sebesar 99% dari April 2019 sampai April 2020. Tak hanya itu, sebanyak 63% masyarakat dunia berusia 18 tahun sampai 34 tahun terbiasa menonton live streaming. Jadi, tidak sekadar live streaming bertambah banyak, penontonnya juga banyak. Alhasil, melakukan live streaming bisa menjadi pekerjaan menarik. Tips dari Likee untuk para pemula dalam melakukan live streaming bisa membantu yang tertarik untuk menjadi live streamer atau penyiar live streaming menggapai ketertarikannya itu.

Tips yang dibagikan oleh Likee pun sifatnya universal. Dengan kata lain, tidak hanya bisa dilakukan pada platform Likee melainkan bisa pula pada platform lainnya. Saat ini terdapat banyak platform yang membolehkan live streaming. Nah, berikut kelima tips mudah dari Likee untuk para pemula dalam melakukan live streaming.

1. Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum melakukan live steraming, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa peralatan untuk mendukung kualitas video live steraming yang akan dilakukan. Likee menyarankan tripod untuk meletakkan smartphone agar bisa lebih stabil dan Anda tidak pegal memegangnya terus-menerus, serta ring light atau tempat dengan sinar matahari yang sesuai untuk pencahayaan. Pencahayaan yang baik memang sangat memengaruhi kualitas video yang ditangkap oleh smartphone. Selain itu, Likee juga menyarankan untuk memastikan lensa dari kamera smartphone yang digunakan adalah bersih. Pastikan pula koneksi internet yang digunakan adalah stabil.

2. Pilih Topik Menarik dan Rencanakan Poin-poin Penting Pembicaraan

Agar yang ingin Anda sampaikan saat live streaming bisa tersampaikan dengan baik dan lancar, Anda harus memikirkan dan menetapkan dengan matang topik pembicaraan yang akan dibawakan. Likee menyarankan untuk membaca berbagai artikel dan berdiskusi dengan audiens untuk menemukannya. Jangan lupa untuk memilih topik yang Anda pahami dan senangi. Sebaiknya Anda turut melakukan riset untuk mencari informasi akurat yang bisa mendukung pembicaraan Anda. Jangan lupa untuk mencatat semua poin penting yang ingin disampaikan agar tidak ada yang terlewat dan lebih mengalir.

3. Berinteraksi dengan Penonton

Sebaiknya ketika memulai sesi live streaming, Anda memulainya dengan menyapa penonton yang hadir untuk berterima kasih sudah menyempatkan diri untuk menonton. Di tengah atau akhir sesi, Likee mengajurkan untuk membaca aneka komentar yang masuk dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Anda sebisa mungkin harus merespons sebagai bentuk apresiasi kepada penonton yang benar-benar mengikuti pembicaraan yang diampaikan. Anda pun bisa membuat pertanyaan untuk dijawab para penonton agar lebih interaktif. Interaksi dengan penonton adalah penting agar penonton tidak bosan dan menjadi lebih dekat.

4. Mengajak Teman atau Mendatangkan Pembicara Lain

Agar tidak membosankan, Likee menganjurkan Anda untuk kadang kala berkolaborasi dengan teman atau pembicara lain dalam melakukan live streaming. Selain itu, koloborasi ini juga membuka peluang untuk saling mempromosikan diri ke penonton masing-masing. Sebagai pemula,Anda juga bisa belajar dari lawan bicara tentang bagaimana tekniknya selama live streaming, seperti gaya bicara dan cara berinteraksi dengan penonton.

5. Memilih Platform yang Tepat

Seperti telah disebutkan, saat ini terdapat banyak platform yang membolehkan live streaming. Pilihlah platform yang paling tepat untuk Anda. Tentunya banyak karakteristik yang bisa Anda pertimbangkan, seperti halnya popularitas dan fasilitas dari platform. Untuk tips yang terakhir, Likee tentunya menyarankan platformnya. Likee menyebutkan pada platformnya terdapat fitur seperti Beauty filter yang bisa membuat Anda tampil lebih menarik dan Multiperson yang memungkinkan Anda untuk ber-live streaming bersama teman.