Find Us On Social Media :

MediaTek Beli Bisnis Chip Intel Enpirion Rp1,2 Triliun

By Adam Rizal, Jumat, 20 November 2020 | 09:00 WIB

Intel Enpirion

Pabrikan chip MediaTek resmi mencaplok bisnis chip Intel Enpirion dengan nilai 85 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Nantinya, Intel Enpirion bakal dikendalikan oleh anak perusahaan MediaTek yang bergerak di bidang integrated circuit (IC) dan daya (power), yaitu Richtek.

Dengan akuisisi tersebut, Mediatek memiliki misi untuk melebarkan sayap mereka ke bisnis power management tools.

Hal itu membuat skala bisnis perusahaan chip asal Taiwan ini semakin besar, serta lini produk yang ditawarkan semakin banyak.

Adapun Intel Enpirion sendiri merupakan divisi bisnis Intel yang memanufaktur chip penghubung pemasok daya (power supply) -biasanya baterai- dengan komponen lainnya yang berupa IC, seperti chip FPGA, ASIC, hingga CPU.

Belum diketahui pasti kapan akuisisi ini akan rampung. Sebab, kedua perusahaan masih menunggu persetujuan dari pemerintah dan dokumen terkait sebagaimana dirangkum GSMArena.

MediaTek sendiri menargetkan proses akuisisi bakal selesai sebelum 2021. Intel belakangan telah melepas beberapa bisnisnya ke pihak lain.

Pada Oktober lalu, Intel keluar dari bisnis penyimpanan solid state drive (SSD) dengan menjual bisnis tersebut ke perusahaan semikonduktor asal Korea Selatan, SK Hynix senilai 9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 132 triliun (nilai tukar rupiah saat itu).

Kemudian sekitar Juli tahun lalu, Intel juga telah sepakat menjual bisnis modem 5G mereka ke Apple dengan nilai akuisisi mencapai 1 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 13 triliun.