Find Us On Social Media :

Dua Skill Dasar yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Berkarir Menjadi Android Developer

By Rafki Fachrizal, Kamis, 19 November 2020 | 17:15 WIB

Ilustrasi Android Developer

Bekerja di perusahaan teknologi atau startup kini semakin menjadi primadona bagi kalangan generasi muda, terutama mereka yang baru lulus dari perguruan tinggi.

Ada banyak posisi terkait teknologi yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan teknologi atau startup ketika membuka lowongan pekerjaan.

Salah satu posisi yang biasanya sering dibuka adalah developer (pengembang), khususnya developer aplikasi untuk perangkat Android.

Nah, untuk menjadi Android Developer sendiri, menurut Rico Harisin (Head of Engineering Tokopedia) ada dua basic skill (kemampuan dasar) yang harus dimiliki.

“Pertama, Android Developer itu harus mempunyai pengetahuan terkait algoritme, pemrograman, dan data structure yang bagus. Biasanya perusahaan ingin tahu apakah dia (calon karyawan) mempunyai pengetahuan yang sangat solid di bagian itu,” jelas Rico dalam acara Virtual Media Briefing: Inovasi Digital Android Tokopedia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Inilah Lima Inovasi Terbaru Tokopedia untuk Penggunanya di Android

Sedangkan skill kedua, yakni terkait dengan kemampuan problem solving (memecahkan masalah). “Kita biasanya akan lihat dahulu bagaimana cara dia mengetahui masalah yang terjadi, mencari solusi dari masalah itu, dan bagaimana langkah dia menyelesaikannya,” tutur Rico.

Di Tokopedia sendiri, Rico mengungkapkan bahwa ketika perusahaan marketplace itu merekrut Android Developer baru maka dua basic skill itu termasuk yang menjadi perhatiannya.

“Jadi, dua skill itu benar-benar pondasi yang penting sekali dan juga menjadi penilaian kita untuk menentukan apakah memang dia sesuai dengan kriteria kita untuk join di tim atau tidak,” ujar Rico.

Baca Juga: Melirik Cara Tokopedia Membangun Platform Marketplace-nya di iOS & Web