Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Lini Controller Layar Sentuh Tersertifikasi Class B

By Cakrawala, Minggu, 22 November 2020 | 10:00 WIB

Microchip mengumumkan lini MXT336UD-MAUHA1 yang merupakan controller atau pengendali dari layar sentuh kapasitif tersertifikasi IEC/UL 60730 Class B.

Microchip belum lama ini mengumumkan lini MXT336UD-MAUHA1-nya yang merupakan controller atau pengendali dari layar sentuh kapasitif di dunia. Namun, bukan sekadar controller layar sentuh kapasitif, lini MXT336UD-MAUHA1 telah pula tersertifikasi IEC/UL 60730 Class B. Dengan kata lain, lini MXT336UD-MAUHA1 telah disertifikasi lebih dulu (pre-certified) oleh Microchip. Bahkan, Microchip mengklaim lini MXT336UD-MAUHA1 sebagai controller layar sentuh satu-satunya di pasar yang menawarkan firmware Class B yang telah tersertifikasi. Hal tersebut membuat peruashaan yang menggunakan Microchip MXT336UD-MAUHA1 pada perangkatnya bisa menekan biaya dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan perangkat tersebut.

IEC 60730 Class B sendiri merujuk pada fungsi kontrol yang ditujukan untuk mencegah operasi tidak aman atau unsafe dari perangkat yang dikontrol. Contoh yang umum ditemukan di rumah salah satunya adalah fitur mesin cuci yang tidak akan mulai mencuci apabila pintunya belum ditutup.

Microchip menyebutkan MXT336UD-MAUHA1 menawarkan berbagai fitur unik sehubungan keselamatan yang membolehkan pemadamanan/penghentian sistem melalui tombol sentuh intuitif pada suatu layar sentuh. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan tombol eksternal serupa dan microcontroller-nya yang tersertifikasi. Tidak hanya itu, Microchip juga menegaskan MXT336UD-MAUHA1 membolehkan perangkat yang menggunakannya untuk mendeteksi kegagalan/kerusakan layar sentuh maupun perangkat bersangkutan dan melakukan pemandaman/penghentian secara otomatis. Hal itu dimungkinkan berkat aneka kemampuan untuk memeriksa diri sendiri (self-testing) yang tersedia pada Microchip MXT336UD-MAUHA1.

“Karena risiko kebakaran rumah yang disebabkan oleh peralatan rumah tangga, produsen peralatan wajib menambahkan fungsi keselamatan pada mesin-mesin mereka, dan rangkaian layar sentuh MXT336UD-MAUHA1 Microchip telah disertifikasi untuk standar keselamatan yang disyaratkan ini,” ujar Fanie Duvenhage (Wakil Direktur Unit Bisnis Human Machine Interface Microchip). “Dengan menyatukan sertifikasi Kelas B ke dalam pengendali sentuh, kami memudahkan desain dan proses kualifikasi untuk peralatan berbasis sentuh dengan menempatkan keselamatan sebagai hal utama sekaligus mengurangi biaya dan memudahkan solusi antarmuka pengguna modern,” tambahnya.

Terdapat tiga varian yang diumumkan oleh Microchip, yakni MXT112UD-MAUHA1, MXT228UD-MAUHA1, dan the MXT336UD-MAUHA1. Masing-masing varian dari lini MXT336UD-MAUHA1 ditujukan untuk layar sentuh dengan ukuran yang berbeda, mulai dari 2 inci sampai 8 inci. Lini MXT336UD-MAUHA1 ini pun sudah tersedia dan ditawarkan dengan harga mulai dari US$1,82. Pembeliannya adalah per 10.000 unit.