Find Us On Social Media :

Blibli Mitra Bantu Usaha Mikro Berbisnis Melalui Teknologi Digital

By Cakrawala, Jumat, 20 November 2020 | 18:30 WIB

Blibli menyampaikan bahwa Blibli Mitra telah membantu pengusaha mikro dan toko kelontong untuk meningkatkan bisnis mereka.

Blibli hari ini menyampaikan bahwa Blibli Mitra telah membantu pengusaha mikro dan toko kelontong untuk meningkatkan bisnis mereka. Mengutip Blibli, Blibli Mitra adalah adalah aplikasi khusus untuk mendukung toko dan usaha mikro kecil menengah menambah pendapatan melalui layanan isi ulang dan bayar tagihan. Selain itu, melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dan toko kelontong bisa melakukan pemesanan stok barang tertentu dengan harga bersaing. Dengan Blibli Mitra, usaha mikro bisa meningkatkan bisnisnya dengan mengadopsi teknologi digital. Blibli pun percaya aktivitas ritel pada tingkat mikro ini sangat penting untuk membantu pemulihan perekonomian nasional yang terkena dampat pandemi COVID-19.

“Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital. Sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi oleh usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil,” ujar David Michum (Vice President Offline-to-Online Blibli).

Melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dan toko kelontong bisa menghubungkan usaha luringnya ke ekosistem daring Blibli untuk menjual dua belas produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher gim, token listrik, BPJS, dan PDAM. Bahkan, Blibli mengklaim Blibli Mitra sebagai aplikasi sejenis pertama yang menyediakan tiket kereta api Joglosemarkerto.

Sementara, untuk pemesanan stok barang tertentu, Blibli menyebutkan Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik dari ujung ke ujung. Layanan pengiriman cepat itu adalah FBB (Fulfillment By Blibli) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Blibli mengklaim pula layanan pengiriman tersebut disediakan secara gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Blibli Mitra juga menawarkan fitur pengaturan bisnis, seperti cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promosi dari merek. Begitu pula akses ke seller care yang tersedia 24 jam.

Pandemi COVID-19 sendiri makin mendorong bisnis toko kelontong. Pasalnya pembatasan sosial yang dilakukan berkat pandemi COVID-19 membuat masyarakat membatasi pergerakan di luar rumah dan beralih ke toko di dekat rumah untuk berbelanja produk sehari-hari. Berdsarkan catatan Blibli, pertumbuhan pesanan oleh toko yang menjadi mitra Blibli Mitra adalah sampai empat kali lipat dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” sebut David Michum. “Mitra toko juga diharapkan dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya,” pungkasnya.