Find Us On Social Media :

Samsung dan Huawei Rajai Penjualan Smartphone 5G di Dunia

By Adam Rizal, Sabtu, 21 November 2020 | 15:30 WIB

Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Lembaga riset pasar Counterpoint Research merilis hasil studi pasar smartphone global bahwa Samsung dan Huawei mendominasi penjualan smartphone 5G di dunia.

Samsung mengandalkan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G dengan pangsa pasar 5 persen. Pada peringkat tiga teratas terdapat dua model smartphone milik Huawei.

Di posisi kedua terdapat Huawei P40 Pro dan posisi ketiga ditempati oleh smartphone kelas menengah Huawei nova 7. Pangsa pasar masing-masing smartphone adalah 4,5 persen dan 4,3 persen.

Dalam kasus Huawei nova 7, penjualan global bisa dikatakan sama dengan Cina, karena smartphone tersebut tidak dijual di luar "kampung halamannya" itu seperti dikutip Gizchina.

Dua flagship Samsung menutup posisi lima teratas, yakni Galaxy Note 20 5G dan Galaxy S20+ 5G, masing-masing dengan pangsa pasar 2,9 persen dan 2,4 persen.

Namun, perlu diperhatikan, kekuatan di pasar dapat berubah secara signifikan bulan ini, mengingat Huawei Mate 40 dan keluarga iPhone 12 mulai dijual.

Empat varian iPhone 12 memiliki peluang untuk menghancurkan pasar jika dilihat dari kepopuleran pendahulunya. Huawei menjadi salah satu produsen smartphone teratas secara global.

Menurut Laporan terbaru dari lembaga riset pasar IDC, Huawei memiliki lebih dari 50 persen pangsa pasar smartphone pintar 5G Cina, laporan untuk kuartal ketiga tahun 2020.

Hal ini berarti, pangsa pasar produsen smartphone 5G lainnya di Cina jika digabungkan pun tidak dapat menyaingi Huawei.

Produsen smartphone populer, seperti OPPO dan vivo masing-masing memiliki pangsa pasar 16,2 persen dan 14,5 persen.

Sementara, Xiaomi dan realme masing-masing memiliki 9,2 persn dan 0,9 persen. Selain itu, peluncuran iPhone 5G perdana Apple di Cina juga diperkirakan akan mengambil bagian dari pangsa pasar smartphone 5G Huawei di Cina.