Find Us On Social Media :

vivo Resmi Luncurkan Sistem Operasi OriginOS Berbasis Android

By Adam Rizal, Sabtu, 21 November 2020 | 16:00 WIB

Vivo OriginOS

vivo meluncurkan sistem operasi OriginOS sebagai penerus FuntouchOS untuk smartphone besutannya dalam gelaran 2020 Developer Conference, Kamis (19/11/2020), di Shenzen, Cina.

Tampilan antarmuka OriginOS pun berbeda dari UI Android sebelumnya. Desain ikonnya disusun dalam susunan "Klotski Grid", mengacu pada puzzle Klotski yang berupa gabungan bentuk persegi dan persegi panjang.

Vivo mengatakan bahwa OriginOS berfokus pada tiga aspek, yaitu desain, kelancaran, dan kenyamanan. Sebab, menurut vivo, konsumen menginginkan sistem operasi smartphone dengan pengaturan yang lebih fleksibel, efektif dalam menampilkan informasi, serta mendukung ekspresi diri.

"OriginOS oleh vivo pun merombak kembali fitur-fitur yang paling banyak digunakan dengan desain yang lebih atraktif, sehingga pengguna dapat memaksimalkan pengalaman smartphone mereka," ujar Vivo.

OriginOS turut dibekali dengan "behavioral wallpaper" yang menampilkan gambar latar bergerak dan bisa berubah berdasarkan waktu dan cuaca pada suatu hari.

Selain itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Vivo mengklaim bahwa penggunaan sumber daya OriginOS akan lebih rendah dibanding FuntouchOS sebelumnya. Salah satu fitur yang dihadirkan untuk menunjang hal ini adalah teknologi manajemen resource Multi-Turbo 5.0.

Ada lebih dari 30 smartphone vivo yang akan diperbarui ke OriginOS, termasuk dari seri X yang belum diperkenalkan.

Sebuah daftar yang diunggah akun OriginOS di jejaring sosial, Weibo, mengungkap bahwa update sistem operasi tersebut akan mulai digulirkan sebelum akhir Januari 2021 sampai kuartal kedua 2021 untuk smartphone vivo yang dijual di Cina.

Berikut adalah daftar lengkap beserta jadwal rilisnya:

Sebelum 31 Januari 2021

vivo NEX 3S, vivo X50 Pro, vivo X50, vivo S7, vivo iQOO 5 Pro, vivo iQOO 5, vivo iQOO 3, vivo iQOO Pro, vivo iQOO, vivo iQOO Neo3 Sebelum 12 Februari 2021

vivo NEX 3/vivo NEX 3 5G, vivo X30 Pro, vivo X30, vivo iQOO Neo, vivo iQOO Neo 855 Q2 2021

vivo X27 Pro, vivo X27, vivo S6, vivo S5, vivo S1 Pro, vivo S1, vivo Z6, vivo Z5x, vivo Z5i, vivo Z5, vivo iQOO Z1x, vivo iQOO Z1, vivo NEX Dual Display, vivo NEX S, vivo NEX A